KPU bakal Evaluasi Debat Perdana, Ada Cawapres Dinilai Kompori Pendukung

Gedung KPU RI
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Pelaksanaan Debat Perdana Capres bakal dievaluasi oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI). Karena itu, tiga tim pemenangan dari masing pasangan calon akan dikumpulkan untuk dilakukan perbaikan.

Dana Hibah Pilkada Mojokerto Capai 82 Miliar, Lebih Banyak untuk Honor Badan Adhoc

“Besok rencana KPU akan mengundang tim pasangan calon untuk mengevaluasi debat pertama, di mananya besok ya,” kata Hasyim dikutip dari VIVA, Kamis, 14 Desember 2023.

Dia menuturkan KPU mendengar sejumlah komentar dan pertanyaan yang berkembang di masyarakat usai debat perdana capres. Namun, ia mengaku tak bisa menyampaikan apapun sebelum dievaluasi bersama.

Wujudkan Pemilu Aman, Pj Gubernur Adhy Karyono Raih PWI Jatim Award

Menurut dia, ada beberapa isu yang disinggung perihal adanya cawapres pendamping yang dianggap mengompori pendukung yang hadir. Lalu, konsep dan format debat, batas waktu, hingga konsekuensi bagi pendukung yang hadir langsung namun memantik kegaduhan.

Selain itu, ia meluruskan perihal debat capres yang menampilkan ketiga kandidat berdiri tanpa meja atau benda di sekitarnya.

Gus Fawait: Wajah Damai usai Pilpres 2024 Juga Harus Terjadi pada Pilkada 2024

Hasyim menjelaskan, tak ada alasan khusus soal itu karena yang jadi poin dalam kegiatan ini debat adu gagasan para kontestan.

“Yang penting debat atau ada mejanya? yang penting ada debatnya kan, saya kira begitu saja, ada meja tidak ada meja ya sudah," lanjut Hasyim.

Halaman Selanjutnya
img_title