48 Tahun Tanpa Listrik, Kini Dusun Merak Situbondo Sudah Terang: Terimakasih, Ibu Khofifah!

Khofifah usai meresmikan aliran lsitrik di Dusun Merak Situbondo
Sumber :
  • Humas Pemprov Jatim

Situbondo, VIVA Jatim – Mimpi warga Dusun Merak Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, bisa menikmati aliran listrik kini terwujud setelah penantian cukup lama selama 48 tahun sejak tahun 1975.

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

Berada di lokasi sangat terpencil, sehingga Dusun Merak mengalami kesulitan mendapat aliran listrik. Akses dan jaringan listrik sulit bisa masuk.

Kondisi warga Dusun Merak itu didengar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Ia pun getol berupaya keras bersama Pemkab Situbondo dan PLN, untuk membangun instalasi listrik yang memungkinkan agar warga kampung Merak bisa mengakses listrik.

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Perjuangan tersebut nyatanya tidak mudah. Lokasi desa yang ada di pelosok Situbondo membuat pembangunan instalasi listrik tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Khofifah saat penyerahan bantuan instalasi listrik di Situbondo

Photo :
  • Humas Pemprov Jatim
Penjualan Listrik PLN di Jatim Tumbuh 6,79 Persen pada Triwulan I 2024

Perizinan proyek yang rumit harus dilalui, juga pembangunan fisik jaringan listrik hingga sampai di lokasi Dusun Merak membuat cost proyek ini tidak murah.

Namun semangat memberikan akses listrik yang menjadi kebutuhan dasar warga masyarakat membuat Gubernur Khofifah tidak menyerah. Hingga akhirnya mimpi warga Dusun Merak bisa terwujud. 

Halaman Selanjutnya
img_title