Kemenag Jatim Sebut Kerukunan Umat Beragama di Jatim di Atas Rata-rata Nasional

Kakanwil Kemenag Jawa Timur, Husnul Maram
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram menuturkan Indek kerukunan umat beragama (KUB) di Jatim diatas rata-rata KUB nasional.

Secara Hisab, 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu Besok 10 April 2024

“Untuk indeks kerukunan umat beragama tahun 2023 ini, Jawa Timur menempati urutan ke-12, dengan poin 77,55, diatas rata-rata indeks KUB nasional 76,02,” kata Husnul saat membuka acara media gathering di PrimeBizz Hotel Surabaya, Senin 18 Desember 2023.

Kerukunan umat beragama, kata Husnul memang menjadi perhatian Kanwil Kemenag Jatim, karena masuk dalam program penguatan moderasi beragama. Program tersebut adalah salah satu tujuh program perioritas telah ditetapkan Kementrian Agama.

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

Ia mengatakan penguatan moderasi beragama di Jatim, pihaknya menggandeng FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama). Dalam catatannya sepanjang tahun 2023, sudah ada 16 desa sadar kerukunan yang akan terus diberdayakan.

Selain program tersebut, Husnul katakan, pihaknya juga turut menjalankan enam program perioritas Kemenag lainnya. Keseluruhan program perioritas tersebut juga dijalankan dengan baik, bahkan melebih target yang ditetapkan.

Pencabutan Ijop Pesantren Tak Selesaikan Kasus Pencabulan

"Alhamdulillah, 7 program prioritas Kemenag dibawah kepemimpinan Gus Menteri Agama di Jawa Timur berjalan baik. Ini bisa kita lihat dan rasakan bersama," ujarnya.

Diketahui, tujuh program prioritas tersebut antara lain, penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, kemandirian pesantren, cyber islamic university, religiosity index, dan tahun kerukunan umat beragama.