PBNU Pecat Ketua PWNU Jatim Kiai Marzuki Mustamar, Terkait Pilpres 2024?

Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar (kanan).
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dikabarkan telah memberhentikan KH Marzuki Mustamar dari jabatannya sebagai Ketua PWNU Jawa Timur.

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Kabar tersebut dibenarkan oleh mantan Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam.  "Iya benar (Kiai Marzuki diberhentikan),” kata Gus Salam saat dikonfirmasi, Kamis 28 Desember 2023.

Ia menjelaskan, pemberhentian Ketua PWNU Jatim Kiai Marzuki diketahui saat PBNU mengumpulkan para Ketua PCNU se Jatim dan jajaran PWNU Jatim di Hotel Shangri-La Surabaya, pada Rabu 27 Desember 2023 malam. 

Profil Bupati Sidoarjo Tersangka KPK: Putra Wakil Rais Syuriah NU Jatim, Punya Harta Rp4,7 M

Hadir dalam pertemuan tersebut Rais Aam PBNU KH Miftachul Ahyar, Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf serta beberapa jajaran PBNU lain. 

“Saya mendapatkan [pemberhentian Kiai Marzuki] dari sumber terpercaya yang ikut dalam pertemuan tadi malam," tegas Gus Salam.

Mbah Benu Imam Masjid Aolia Gunung Kidul Mengaku Telepon Allah, PBNU: Tukang Sihir!

Ia mengatakan, alasan dari pemberhentian Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang dari Ketua PWNU Jatim ini tidak jelas. "Alasannya tidak jelas," tuturnya. 

Namun, ia meyakini pemberhentian Kiai Marzuki tersebut ikhwal dukung mendukung di Pilpres 2024. Kiai Marzuki disebut tidak mengikuti arahan dari PBNU untuk mendukung pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Halaman Selanjutnya
img_title