Siapa Ketua PWNU Jatim Pengganti Kiai Marzuki? Ini Kata Gus Ipul

Sekretaris Jenderal PBNU Gus Ipul saat menghadiri acara Jatim Bershalawat 2 di Surabaya.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) resmi memberhentikan KH Marzuki Mustamar dari jabatannya sebagai Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim). Lantas siapa yang akan menggantikan posisi tersebut dan bagaimana mekanismenya?

Minta Nasihat, Ketua TKD KIM Gresik Silaturahmi ke Ketua PCNU

Sekretaris Jenderal PBNU Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul mengatakan, untuk memilih pengganti KH Marzuki Mustamar ditentukan dalam rapat pleno wilayah yang dipimpin Rais Syuriah Jawa Timur.

"Kewenangan kembali ke Rais Syuriah Jawa Timur. Kembali ke rapat gabungan atau rapat pleno DPW yang dipimpin oleh Rais Syuriah Jawa Timur," katanya, Kamis 28 Desember 2023.

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Ia lalu menegaskan, jika kewenangan menggelar rapat pleno tidak segera dilaksanakan maka kepemimpinan PBNU di tingkat pusat akan mengambil alih.

"Bisa ditunjuk, bisa careteker [pengambilalihan] nanti tergantung situasi dan kondisinya," lanjut Gus Ipul, sapaannya.

Mbah Benu Imam Masjid Aolia Gunung Kidul Mengaku Telepon Allah, PBNU: Tukang Sihir!

Untuk diketahui, KH Marzuki Mustamar diberhentikan dari jabatannya sebagai Ketua PWNU Jatim oleh PBNU sebelum masa khidmatnya berakhir.

Pemberhentian ini tertuang dalam Surat Keputusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Nomor 274/PB.01/A.II.01.44/99/12/2023 tentang PEMBERHENTIAN KETUA PENGURUS WILAYAH NAHDLATUL ULAMA JAWA TIMUR. Surat ditandatangani oleh Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Sekjen PBNU H Saifullah Yusuf, Rais Aam KH Miftachul Akhar, dan Katib Aam KH Akhmad Said Asrori.

Halaman Selanjutnya
img_title