Temui Nelayan Lamongan, Anies Baswedan Janjikan Solar Murah hingga Kemudahan Perizinan

Anies Baswedan saat temui nelayan di Lamongan
Sumber :
  • VIVA Jatim/Imron Saputra

Lamongan, VIVA Jatim - Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Anies Baswedan menemui para nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Brondong, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jumat 29 Desember 2023.

Sama-sama Maju Pilkada, Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Berebut Rekom PDIP

Dalam pertemuan itu, Anies menjanjikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar tersedia setiap saat dan murah harganya sehingga bisa dijangkau oleh nelayan.

Menurut Anies, ada beberapa hal yang harus diubah, di antaranya masalah kelangkaan solar, proses perizinan yang rumit dan berjenjang. 

Curi Ikan di Laut Indonesia, KKP Tangkap Kapal Ikan Berbendera Malaysia

Anies menawarkan perubahan dengan melakukan perizinan yang sederhana dan jangan sampai kemudahan perizinan itu dimudahkan hanya untuk investor raksasa.

"Kami menemukan beberapa hal yang harus diubah di sini, satu solar dan itu jamak di semua tempat dan itu menjadi komitmen kita bahwa solar yang selalu tersedia. Nelayan menemui kendala soal perizinan yang rumit dan harus berjenjang dan kami akan membuat perubahan membuat perizinan ini sederhana," kata Anies.

Pulang Jenguk Orang Sakit, Remaja di Lamongan Dibacok dan Dibegal

Anies mengatakan, undang-undang, omnibus law dianggap hanya memudahkan investor raksasa. Sedangkan pelaku perikanan yang sudah puluhan tahun bekerja, malah perizinannya di perumit.

Anies mengatakan, Kabupaten Lamongan menjadi daerah penghasil ikan terbesar di Jawa Timur dan lebih dari 70 ribu orang menggantungkan hidupnya di Brondong.

Halaman Selanjutnya
img_title