Ratusan Rumah Terdampak Angin Kencang, BPBD Tulungagung Lanjutkan Assesment

Assesment BPBD Tulungagung usai angin kencang.
Sumber :
  • BPBD Tulungagung

Tulungagung, VIVA JatimAngin kencang yang terjadi di Tulungagung memporak-porandakan beberapa bangunan rumah, tempat wisata, baliho hingga menumbangkan pohon. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung mencatat ada 102 rumah dan bangunan yang rusak, dan hari ini melanjutkan assesment di beberapa titik.

Komitmen GISLI Tulungagung Bantu Program Pemerintah Jadi Poros Maritim Dunia

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung, Taufik Priyadi menerangkan informasi sampai tadi malam dari tim lapangan hingga pukul 9 malam ada sejumlahnya 102 yang terkena terdampak. Mulai tempat tinggal ada yang tempat untuk wisata, ada yang sekolahan dan lain-lain.

"Sementara rumah terdampak ada 102. Pagi ini masih diteruskan asesment, yang terparah di daerah Kalidawir sama wilayah Rejotangan. Kayaknya masih akan bertambah banyak, kita menunggu hasil kepastia pengkajiannya langsung kita berikan bantuannya," terang Taufik Priyadi saat dihubungi, Kamis, 4 Januari 2024.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Menurutnya, kebanyakan yang terkena angin mengalami kerusakan secara langsung. Mulai genting rontok berjatuhan, asbes melingkap dan tertimpa pohon. Sedangkan di wilayah kota ada dua titik pohon tumbang, yang parah ada di kota membuat genteng rumah retak dan jatuh.

BPBD Tulungagung mengimbau kepada masyarakat yaitu mulai saat ini dibutuhkan kesiapsiagaan menghadapi musim pancaroba. Lalu, apabila ada bencana dimohon cepat menyampaikan ke BPBD Tulungagung supaya bisa tertangani sedini mungkin.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

Kemudian, Taufik Priyadi juga berharap di lingkungan masyarakat untuk lebih peka dan bergotong royong jika tetangga mengalami musibah. Termasuk ikut memberikan bantuan secara swadaya jika memungkinkan dari hal kecil.

Seperti contoh, tetangga terdampak angin kencang maupun cuaca buruk membuat 10 genteng rumah jatuh, tetangga bisa ikut membantu tanpa harus menunggu dari bantuan pemerintah.

Halaman Selanjutnya
img_title