Hendy Setiono Wakili Prabowo-Gibran dalam Adu Gagasan bersama Dewan Pakar 3 Capres

Hendy Setiono Wakili Prabowo-Gibran dalam Adu Gagasan bersama Dewan Pakar 3 Capres
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimAsosiasi Dosen Integrator Desa (ADIDES) mengundang sejumlah panelis dari universitas bergengsi di Indonesia diantaranya Universitas Indonesia, Universitas gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam Adu Gagasan Pakar Calon Presiden. 

Pendiri Baba Rafi Berbagi Pengalaman Bisnis di Singapura

Acara yang berlangsung di hotel Mercure Grand Mirama Surabaya pada Kamis, 4 Januari 2024 ini dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD). Hadir dalam acara itu, perwakilan setiap paslon yaitu, Totok Amin Soefijanti selaku Dewan Pakar Timnas Anies-Muhaimin, Hendy Setiono selaku Repnas TKN Prabowo-Gibran, dan Sunarsip selaku Dewan Pakar TPN Ganjar-Mahfud untuk membahas isu sentral yakni “Membangun Ekonomi dan Teknologi Desa Berbasis Sociopreneur Aktivis Kampus.”

Acara dipandu oleh dua moderator ini dihadiri pula oleh 5 panelis yang berasal dari Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Wakil Rektor 4 Institut Teknologi Sepuluh Nopember serta Perwakilan BEM Institut Sepuluh Nopember. 

Tortilla Chips, Produk Baru Kebab Turki Baba Rafi Kurangi Limbah Makanan

Adu gagasan pakar paslon bertujuan untuk merinci visi dari masing-masing paslon terhadap peran desa dalam memajukan ekonomi dan teknologi, sambil mempertimbangkan konsep sociopreneurship.

“Prabowo-Gibran memiliki 3 poin catatan penting yaitu, program makan siang gratis, hilirisasi dan industrialisasi untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri, serta digitalisasi UMKM. Untuk program makan siang gratis, akan dibangun dapur-dapur makan siang gratis sebanyak lebih dari 300.000 dapur yang tersebar di desa-desa di seluruh Indonesia dengan total anggaran 400 triliun rupiah setiap tahunnya. Dimana program ini akan dijalankan oleh UMKM-UMKM lokal, ibu rumah tangga, dan tidak dijalankan oleh BUMN,” tutur Hendy Setiono. 

Bersama Presiden dan Jajaran Menteri, Hendy Setiono Serahkan Zakat ke Baznas di Istana Negara

Program makan siang gratis yang diunggulkan paslon Prabowo-Gibran tersebut diharapkan tidak hanya mampu mengurangi stunting tetapi juga bisa memajukan ekonomi lokal, merangkul petani dan peternak daerah sekaligus dapat meningkatkan imunitas dan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia kedepannya. 

Selain program tersebut, dalam acara Adu Gagasan ini, Hendy juga menyoroti rencana program hilirisasi dan industrialisasi untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri. Program yang  merupakan program lanjutan dari Jokowi selaku Presiden RI periode tahun 2019-2024.

Halaman Selanjutnya
img_title