Rapat Gabungan PBNU Tunjuk Gus Kikin Jadi Nakhoda NU Jatim

Rapat Gabungan Syuriah dan Tanfidziyah PBNU
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

Jakarta, VIVA Jatim-Rapat Gabungan Syuriah dan Tanfidziyah Pengurus Besar NU (PBNU) menetapkan Cucu Pendiri NU Hadratussyaikh KH Hasyim Asy ari, KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) sebagai nahkoda baru PWNU Jawa Timur.

Silaturahmi Ramadan, Ketua NU Jatim Ajak Jaga Persatuan Bangsa

Kabar itu disampaikan oleh Sekjen PBNU, Gus Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dalam keterangan tertulisnya pada Rabu, 10 Januari 2024.

“Alhamdulillah rapat gabungan siang tadi bulat menetapkan Gus Kikin menjadi Pj Ketua PWNU Jatim menggantikan KH Marzuki Mustamar,” katanya. 

Khofifah Diganjar Penghargaan PWNU Jatim, Diserahkan Gus Kikin

Gus Kikin, akan menjabat hingga diselenggarakannya Musyawarah Wilayah NU Jawa Timur yang rencananya akan digelar pada bulan Maret 2024 mendatang.

KH Marzuki Mustamar sendiri sebenarnya telah habis masa jabatannya sejak September 2023 yang kemudian mendapatkan SK perpanjangan sementara.

Gus Kikin Plt Ketua PWNU Jatim Hadiri Doa untuk Prabowo-Gibran di Surabaya

Rapat gabungan yang dipimpin langsung Rais Aam KH Miftachul Ahyar juga dihadiri Ketua Umum KH Yahya Cholil Staquf serta jajaran Syuriah dan Tanfidziyah ini bulat menerima pemberhentian KH Marzuki dan pengangkatan Gus Kikin.

“Terkait alasan pemberhentian KH Marzuki sekali lagi saya tegaskan ini masalah internal dan telah dianggap memenuhi syarat untuk pemberhentian. Jangan paksa kami membuka alasannya ke publik,” kata Gus Ipul.

Halaman Selanjutnya
img_title