Dakwah ke Masyarakat Pegunungan, Kiai Ali Basthom Tak Anti Kejawen

Makam Kiai Ali Basthom di sebelah Masjid Pondok Nailul Ulum.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Trenggalek, VIVA Jatim – Kala itu usai kemerdekaan 1945 wilayah Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek belum seramai seperti sekarang. Daerah mayoritas dataran tinggi ini kedatangan Kiai Ali Basthom Thoha, hijrah berdakwah dari seberang timur ke daerah Kampak.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Kepribadian menarik beliau membuat banyak masyarakat menaruh simpatik untuk belajar ilmu agama. Beliau kelahiran tahun 1911 merupakan pendiri sekaligus pengasuh pertama Pondok Pesantren Nailul Ulum Kampak, Trenggalek.

Salah satu dzurriyah, Agus Muhammad Habibi mengungkapkan bahwa awal mula lokasi pondok tersebut wingit atau angker dengan makhluk tak kasat mata.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

Mendapatkan lampu hijau dari Kepala Desa kala itu untuk menempati lahan, Kiai Ali Basthom menempati lokasi baru untuk berdakwah. Meski terbilang angker, karena masih lebat dan belum terjamah.

"Padahal di sini ini merupakan lokasi wingit, angker banyak jinnya. Diistilahkan jalmo moro jalmo mati, artinya berani datang berarti berani mati. Tapi dengan istilahnya dibilang karomah wallahu a'lam yang jelas pasti maunah dari Allah itu Mbah Ali bisa menghadapi tempat tempat angker," terang Gus Muhammad Habibi, Jum'at, 29 Maret 2024.

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

Menurutnya, Kiai Ali mengusir secara halus jin-jin yang mengganggu. Namun untuk para jin yang tidak berbuat jahat dibiarkan saja. Perlahan masyarakat zaman awal-awal ngaji biasa, orang-orang desa lalu orang datang hanya ngaji mendengarkan penjelasan-penjelasan beliau.

Gus Muda alumni Pondok Pesantren Lirboyo Kediri ini menambahkan anak-anak desa datang mengaji kitab sampai malam minggu dengan malam lainnya. Kala itu belum ada pondoknya, sampai akhirnya ada beberapa yang mukim atau tinggal menginap di masjid.

Halaman Selanjutnya
img_title