Pantai Damas Trenggalek, Masuk Gratis Pemandangan Tak Kalah Eksis

Salah satu lokasi Pantai Damas, Trenggalek
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Pesisir selatan Jawa Timur menyuguhkan pantai-pantai yang membentang dari ujung barat sampai timur. Di Kabupaten Trenggalek ada Pantai Damas, untuk bisa masuk, pengunjung tak akan dipungut biaya apapun, alias gratis. Meski begitu hamparan pantai dengan gundukan daratan bak bukit itu tak kalah eksis.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Akses ke lokasi cukup mudah. Dari Alun-alun Trenggalek ke Pantai Damas jarak tempuh 1 jam 20 menit atau 48 KM. Jalur ke pantai kendati berkelok-kelok, namun jalan aspal cukup aman baik kendara roda 2 maupun roda 4.

Sesampainya wilayah Kecamatan Watulimo, tepatnya di Tikungan Jurug Bang, tampak pemandangan pesisir dari ketinggian. Selain pantai, pepohonan terhampar hijau membelah hutan.Sampai di SMPN 1 Kecamatan Watulimo lurus ke arah pertigaan. Jika ke kiri arah ke Pantai Prigi, Pantai Mutiara dan Pantai Karanggongso. Kita bisa ambil arah kanan Pantai Damas.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Hingga masuk ke Desa Karanggandu. Tinggal sekitar 3 KM untuk ke pantai, tanjakan dan turunan cukup curam. Sehingga, pastikan rem kendaraan aman sebelum berangkat.

Fasilitas gazebo cukup besar, bisa membuat pengunjung sekadar santai berteduh, pun rebahan santai. Bila ingin melihat view dengan perahu nelayan, bisa ke arah sebelah kiri dari jalan masuk. Beberapa perahu berjajar di tepi pantai.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Jikalau ingin menikmati hamparan pasir dan pemandangan pohon kelapa, bisa ke arah kanan jalan masuk. Lurus sekitar 700 meter,  kita akan mendapati hamparan pasir memanjang. Kendati jarak bibir pantai dengan laut tak begitu panjang, pantai yang bersih dan rindang cukup memanjakan mata dan suasana.

Bagi keluarga yang membawa banyak anggota, bisa menggelar alas tikar di bibir pantai. Pengunjung juga dilarang untuk bermain air di pantai. Sebab gelombang laut lumayan sedang. Bagi anak-anak yang bermain, harus mendapat pengawasan dari orang tua.