Mengintip Ritual Memandikan Patung Buddha Tidur Terbesar di Indonesia Jelang Waisak

Patung Buddha Tidur Terbesar di Indonesia di Maha Vihara Majapahit Trowulan, Mojokerto
Sumber :
  • VIVA Jatim/M Luthfi Hermansyah

Mojokerto, VIVA Jatim – Patung Buddha tidur terbesar di Indonesia dimandikan menjelang perayaan Imlek tahun 2568 Buddhis Era. Ritual membersihkan patung Buddha tidur adalah tradisi tahunan sekaligus sebagai simbol untuk membersihkan pikiran dan hati dari hal-hal negatif. 

Berkat Waisak, 25 Narapidana Beragama Budha di Jatim Peroleh Remisi Khusus

Patung Buddha Paranibbana ini terletak di Maha Vihara Majapahit di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto. Patung berwarna kuning emas tersebut memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter. 

Prosesi pembersihan patung Buddha tidur dilakukakan oleh 8 petugas Maha Vihara Majapahit. Diawali dengan berdoa di depan patung tersebut, petugas kemudian menyiram semua bagian patung Buddha tidur dengan air yang berisi bunga mawar, melati, kantil dan kenanga.

Momen Waisak 2023, 25 Buddhis di Jatim Dapat Remisi Khusus

Mereka membersihkan kotoran pada permukaan patung dengan sikat. Berikutnya, dibilas dengan air bersih yang dialirkan melalui selang. Tak ketinggalan relief yang menghiasai pondasi patung Buddha tidur juga dicuci sampai bersih.

“Bersih-bersih patung Buddha tidur dalam rangka menyambut Waisak yang jatuh pada 23 Mei nanti," kata Ketua Maha Vihara Mojopahit Bhante Nyanaloka Sthavira kepada wartawan di lokasi, Rabu, 15 Mei 2024. 

Makna Lampion dalam Hari Perayaan Waisak, Simbol Kebangkitan dan Pencerahan

Bhante Nyanaloka menuturkan, Patung Buddha ini menjadi salah satu objek pradaksina dalam perayaan Waisak. Yaitu prosesi mengelilingi objek-objek yang dihormati dalam ajaran Buddha di area vihara searah jarum jam dengan posisi objek selalu di sebelah kanan.

"Maknanya membersihkan kembali patung Buddha yang merupakan simbol wafatnya Sang Buddha. Menggunakan bunga karena sesuatu yang disakralkan, patung ini akan dijadikan tempat umat Buddha untuk puja bakti," terangnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title