Mistisme Alas Purwo Banyuwangi

Ilustrasi Alas Purwo Banyuwangi
Sumber :
  • Istimewa

Jatim –Selain keindahanan alamnya, Banyuwangi juga dikenal dengan dunia mistisnya. Banyuwangi juga memiliki tempat paling angker sepulau jawa, tempat yang dimaksud adalah alas purwo, tempat ini dipercaya bisa membawa seseorang ke dimensi lain.

Pria Hilang di Hutan Trenggalek Ditemukan dalam Kondisi Lemas dan Linglung

Bagi masyarakat sekitar, Alas Purwo merupakan tempat paling angker dan dianggap keramat. Salah satu dibalik keangkeran alas purwo adalah sebagai berikut : 

Pertama, Alas Purwo sering dijadikan tempat bersemedi, tidak bisa dipungkiri Alas Purwo adalah tempat yang sangat kental mistisnya. Terbukti dengan adanya 40 gua ditempat ini, salah satunya adalah gua istana, gua mayangkara dan masih banyak lainnya. 

Sempat Dilaporkan Hilang Tersesat, 4 Pengunjung Alas Purwo Berhasil Ditemukan

Gua merupakan tempat bersemedi, mencari wangsit bahkan mencari ilmu gaib. Dimalam satu Suro tempat ini banyak sekali dikunjungi orang untuk bersemedi. Konon, Presiden Soekarno pun pernah mendatangi tempat ini untuk menemui penguasa laut selatan meski kebenarannya masih sangat diragukan.

Kedua, Alas Purwo dijadikan tempat pesugihan. Di Alas Purwo ada sebuah makam sepanjang tujuh meter, yang dinamakan makam Mbah Dowo. Makan Mbah Dowo tersebut isinya bukan jenazah manusia, melainkan pusaka tombak milik empu barada. Makam inilah yang dijadikan tempat untuk pesugihan.

Rekomendasi 5 Destinasi Wisata di Banyuwangi, Lengkap dengan Alamatnya

Ketiga, Alas Purwo diyakini adalah tempat berkumpulnya mahluk ghaib. Banyak orang pintar atau paranormal mengatakan bahwa Alas Purwo adalah tempat yang paling berbahaya untuk dikunjungi. Bagi para pengunjung yang sembrono dan membuat penghuni mahluk ghaib tersinggung maka akan disesatkan dihutan dan tidak dapat keluar dari tempat tersebut. Alas Purwo pun diyakini banyak dihuni oleh jin. Hal ini berdasarkan penuturan masyarakat disekitar Alas Purwo.

Keempat, banyak orang hilang di Alas Purwo. Jika bertanya pada orang Banyuwangi yang berada di sekitar Alas Purwo banyak cerita tentang orang hilang dan tidak pernah kembali. Ada beberapa pendapat tentang orang hilang di Alas Purwo yang tidak kembali lagi. Ada yang mengatakan pengunjung membuat marah penghuni ghaib di hutan tersebut, ada juga yang diajak menikah dengan mahluk ghaib sehingga tidak kembali lagi ke dunia nyata. Sampai saat ini jasad yang hilang di Alas Purwo belum ditemukan sama sekali.

Halaman Selanjutnya
img_title