Mitos Alas Purwo Banyuwangi yang Angker, Tempat Berkumpulnya Jin Jawa

Suasana jalan di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi.
Sumber :
  • Okki Nila/Cerita Kita

Jatim – Taman Nasional Alas Purwo adalah salah satu taman nasional yang luas di Jawa Timur, yang seluruh areanya merupakan kawasan hutan. Sebagaimana hutan-hutan lain di Pulau Jawa, legenda dan mitos juga menyertai keberadaan Alas Purwo yang berada di Kabupaten Banyuwangi tersebut. 

Gelaran Gandrung Sewu di Banyuwangi Angkat Tema Omprog, Pengunjung Dibuat Terpukau

Mengutip dari ceritakita.viva.co.id pada Jumat, 16 Desember 2022, menurut cerita masyarakat, nama Alas Purwo terdiri dari dua kata, yakni alas yang berarti hutan dan purwo yang artinya permulaan. Bila digabung, maka nama Alas Purwo berarti hutan tertua di Pulau Jawa.

Bagi kebanyakan masyarakat Jawa, Alas Purwo merupakan kawasan yang keramat dan penuh dengan hal mistik. Masyarakat setempat percaya Alas Purwo adalah tempat atau pusat berkumpulnya semua jin di Jawa. Di hutan itu pula dipercaya berdiri sebuah istana jin yang tak mungkin terlihat secara kasat mata.

Kitab tentang Shalawat Badar Dikaji Bareng di Haul ke-53 KH Ali Manshur Malam Ini di Tuban

Karena itu tak heran bila Alas Purwo menjadi salah satu tempat favorit bagi orang-orang yang ingin menggelar ritual dengan tujuan tertentu. Di sana, terdapat banyak gua yang biasanya dipakai oleh orang-orang yang hendak bersemadi atau melaksanakan ritual tertentu. Kondisi hutan yang masih alami juga semakin mengesankan keangkeran hutan tersebut.

Untuk diketahui, Alas Purwo berada Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Beragam jenis fauna dan flora hidup dan berkembang di hutan ini. Alas Purwo terhampar di lahan seluas sekitar 43.420 hektare.  

Sempat Dilaporkan Hilang Tersesat, 4 Pengunjung Alas Purwo Berhasil Ditemukan

Luas tersebut terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu zona rimba seluas 24.767 hektare, zona inti seluas 17.200 hektare, zona penyangga seluas 1.203 hektare, dan juga zona pemanfaatan yang memiliki lokasi seluas 250 hektare.

Berada di ketinggian 322 meter di atas permukaan laut, Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi dahulunya dikenal dengan nama Suaka Margasatwa Banyuwangi Selatan. Baru pada tahun 1992 Kementerian Kehutanan secara resmi menetapkan objek ini menjadi taman nasional.