Gelaran Gandrung Sewu di Banyuwangi Angkat Tema Omprog, Pengunjung Dibuat Terpukau

Penari Gandrung Sewu 2023
Sumber :
  • Viva Banyuwangi

Banyuwangi, VIVA Jatim – Ratusan ribu pengunjung yang tumpah ruah memasuki kawasan Pantai Marina Boom pada Sabtu, 16 September 2023 dibuat terpukau oleh gelaran Gandrung Sewu.

Berkunjung ke Banyuwangi, Pasangan Amin Optimis Raup Suarang Banyak di Bumi Blambangan Itu

Hal itu karena gelaran budaya tersebut berbeda dengan tahun sebelumnya karena menampilkan atraksi udara yang berkolaborasi dengan TNI Angkatan Udara.

Pada pagelaran yang telah masuk dalam Kalender Event Nusantara (KEN) itu, menampilkan atraksi pesawat latih supersonik T-50i Golden Eagle dan tucano flight. Selain itu, pengunjung juga dibuat makin kagum dengan atraksi penerjun payung, di mana salah satu di antara para penerjun tersebut merupakan putra asli Banyuwangi.  

Kitab tentang Shalawat Badar Dikaji Bareng di Haul ke-53 KH Ali Manshur Malam Ini di Tuban

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menjelaskan, bahwa air show tersebut merupakan rangkaian kegiatan semarak dirgantara TNI AU yang setiap tahun digelar, dan untuk tahun ini Banyuwangi mendapatkan giliran untuk menjadi tuan rumah.  

"Kami jadikan satu, kolaborasi dengan gandrung sewu," terangnya dikutip dari banyuwangi.viva.co.id, Sabtu, 16 September 2023. 

Tanggap Stunting, Mak Ganjar Gencarkan Sambangi Posyandu di Banyuwangi

Sempat disebut sebagai atraksi yang mahal oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ipuk memastikan Banyuwangi tak mengeluarkan anggaran karena memang agenda tersebut merupakan kegiatan rutin TNI AU. 

Untuk diketahui, gelaran gandrung sewu 2023 mengusung tema omprog. Mahkota para penari gandrung yang mencerminkan kepribadian, kekuatan dan kecantikan yang kata Ipuk sangat cocok dipakai remaja perempuan Banyuwangi. 

Halaman Selanjutnya
img_title