Mengenal Makna Ragam Ritual Adat Sambut Hari Raya Nyepi Umat Hindu

Upacara Hari Raya Nyepi di Bali
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Hari Raya Umat Hindu atau yang disebut dengan Nyepi dirayakan tepat setiap Tahun Baru Saka. Di Indonesia, terkhusus di Bali, terdapat ragam ritual adat yang dilakukan dalam menyambut Hari Raya Nyepi tersebut.

Tewas! Bule Amerika Terseret Arus Pantai Double Six Seminyak Bali

Pulau Dewata Bali sangat identik dengan perayaan Nyepi. Sebab di pulau ini, penduduknya mayoritas beragam Hindu. Perayaan Nyepi di Bali dianggap sebagai momen terbaik untuk melihat sisi lain tentang Pulau Dewata Bali yang tak pernah sepi.

Selama perayaan Nyepi, Pulau Dewata yang biasanya penuh ingar bingar mendadak tak bergeming seharian penuh. Suasana ini berkaitan dengan aturan yang mengharuskan masyarakat Bali untuk berdiam diri di rumah.

Memetik Pelajaran Penting tentang 4 Larangan saat Hari Raya Nyepi

Bahkan selama Hari Nyepi, masyarakat pun tidak diperbolehkan untuk menyalakan cahaya dan api. Lantas, seperti apa rangkaian tradisi yang digelar sebelum dan sesudah perayaan nyepi? 

Dikutip dari laman VIVA, pada Selasa, 21 Maret 2023, berikut sederet upacara adat yang dilangsungkan dalam menyambut Hari Raya Nyepi di Bali.

Pawai Ogoh-Ogoh, Cara Pemkot Surabaya Sambut Hari Raya Nyepi bersama Ribuan Umat Hindu

Upacara Melasti

Ritual pertama yang mengawali perayaan Nyepi di Bali adalah ritual Melasti. Upacara ini bertujuan untuk menyucikan diri sebelum melaksanakan Nyepi. Biasanya ritual Melasti dilakukan di pura yang berada di dekat laut. Salah satu rangkaian Nyepi di Bali ini berlangsung tiga atau empat hari sebelum ritual Nyepi diadakan.

Halaman Selanjutnya
img_title