8 Tips Mudik Lebaran Aman dengan Mobil Pribadi, Cek yang Harus Dipersiapkan

Ilustrasi Penyekatan Mudik Lebaran
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimMudik Lebaran 2023 diperkirakan akan mencapai puncaknya pada 19-24 April 2023 mendatang. Pasalnya, masyarakat banyak yang akan melaksanakan mudik lebaran tahun ini sebab pandemi sudah berakhir setelah dua tahun sebelumnya tidak ada aktivitas mudik. 

Ketahui 4 Tanda Waktunya Servis Sepeda Motor

Musim mudik tahun ini diperkirakan 27,32 juta orang bakal berangkat ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi. Bagi yang akan berencana mudik menggunakan mobil pribadi, pastikan kondisi tubuh sehat karena akan menghadapi kepadatan kendaraan. Kemudian, perhatikan juga kondisi kendaraan yang akan dipakai.

Berikut tips persiapan saat Anda memutuskan mudik menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan menggunakan mobil pribadi, dilansir VIVA Jatim Senin, 17 April 2023.

Tak Perlu Panik, Dinkes Surabaya Bagikan Tips Hindari Penyakit Flu Singapura

1. Periksa dengan baik kondisi mobil. Tentu, jika mobil Anda keluaran terbaru mungkin masih sedikit masalah dan kerusakannya. Tapi sebaliknya, jika mobil Anda sudah agak tua, periksa sebaik mungkin untuk mengurangi potensi mogok atau rusak di jalan.

2. Periksa kondisi pada kontrol utama kendaraan, seperti kemudi, pedal rem, pedal gas, dan pedal kopling. Pastikan semuanya dapat berfungsi baik untuk mengurangi kecelakaan fatal.

Simak Tips Miliki Kulit Cantik Ala Dokter Klinik Kecantikan Delovely Surabaya

3. Periksa kondisi tekanan ban dan kedalaman alur ban. Jika sekiranya sudah perlu ganti, ada baiknya Anda mengganti dahulu. Tekanan ban yang cukup dan alur ban yang baik akan menghindari keretakan ban karena jalanan yang panas. Jangan mengambil risiko menggunakan ban yang sudah tipis. Ingat, isilah ban mobil Anda dengan angin sesuai ukuran. Bila tekanannya terlalu kecil, tentu akan membuat kenyamanan berkurang, namun jika tekanan angin terlalu tinggi, angin di dalam ban bisa mengembang.

4. Periksa sistem pendingin mesin (thermostat, engine belt, hoses, cooling fan, dan coolant level) dan periksa sistem pendingin udara (AC) apakah sudah bekerja optimal atau belum. 

Halaman Selanjutnya
img_title