Manfaat Lorjuk Madura Bagi Kesehatan Tubuh, Kontrol Kadar Kolesterol

Ilustrasi makanan khas Lorjuk Madura
Sumber :
  • IST/Viva Jatim

JatimLorjuk merupakan makanan khas pulau Madura yang memiliki nilai nutrisi tinggi sama seperti kerang lainnya. Makanan yang rendah kalori ini memiliki kandungan protein, omega 3, serta mineral berupa yodium dan zat besi

Begini Tips Cara Turunkan Berat Badan dan Jaga Kesehatan Mental

Meskipun makanan khas laut ini merupakan kuliner laut. Tetapi khasiatnya sangat baik bagi tubuh anda. Mirip seperti kerang bambu, lorjuk tak kalah lezat dari berbagai jenis kerang lainnya. 

Perlu diketahui bahwa bentuk Lorjuk Madura menyerupai pisau, tak heran kerang ini juga dinamai "jackknife" di beberapa negara. Spesifiknya, kerang lorjuk memiliki tubuh kecil sekitar 2 – 3 inci yang memanjang dan berbentuk runcing di salah satu ujungnya.

Konsumsi 6 Makanan Diet Sehat, Dijamin Menyehatkan

Lorjuk hidup di habitat pesisir pantai yang berlumpur. Hewan laut satu ini bertahan hidup dengan cara bersembunyi secara vertikal pada pasir dan sedikit keluar saat air laut surut. Tak semua pantai menjadi habitat lorjuk, kerang ini hanya dapat ditemukan di sepanjang perairan pantai yang datar dan landai seperti di Pamekasan, Madura.

Proses penangkapan lorjuk terbilang cukup sulit, nelayan di daerah pesisir Madura biasanya menggunakan linggis untuk menggali pasir tempat lorjuk berlindung.

Intip Proses Pengolahan Lorjuk Madura Jadi Camilan hingga Nangkring di Sebuah Film

Selain itu, teknik menaburkan garam, air sabun, ataupun batu gamping di area keberadaan lorjuk juga menjadi salah satu cara yang digunakan untuk mempermudah lorjuk muncul ke permukaan. Untuk mendapatkan lorjuk, nelayan perlu menunggu air laut surut.

Dengan berbagai kandungan tersebut, Lorjuk Madura tentunya tak hanya lezat untuk dikonsumsi melainkan juga baik untuk kesehatan. 5 Manfaat Lorjuk Madura Bagi Kesehatan Tubuh. Salah satunya dapat mengontrol kadar kolesterol.

Halaman Selanjutnya
img_title