Puasa Arafah Bisa Menghapus Dosa, Begini Penjelasan Buya Yahya

Penceramah Buya Yahya
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Sebelum sampai pada momen Idul Adha, umat Islam biasa melaksanakan ibadah Sunnah berupa Puasa Arafah. Ibadah yang satu merupakan wujud syukur menyambut datangnya Hari Raya Kurban.

Kata Buya Yahya Hukum Pinjam Uang di Bank Syariah, Apakah Riba?

Dalam literatur Islam, ibadah puasa Sunnah yang satu ini memiliki keistimewaan yang dahsyat. Salah satunya untuk menghapus dosa-dosa yang dilakukan oleh manusia, sebagai makhluk Allah SWT yang tidak luput dari salah dan khilaf.

"Puasa yang paling dahsyat dan hebat nanti adalah puasa Arafah, hari yang kesembilan (bulan Dzulhijjah)," ujar Buya Yahya dalam kanal Youtube Al Bahjah TV, dikutip dari VIVA, Senin 26 Juni 2023.

Buya Yahya: Bagaimana Hukum Puasa Syawal tapi Masih Punya Utang di Ramadan?

Buya Yahya mengatakan bahwa kehebatan puasa Arafah sudah disebutkan oleh berbagai hadis, salah satunya Imam Muslim. Ternyata, puasa Arafah yang dilakukan akan memberikan manfaat berupa pengampunan dosa di masa lampau atau pun mendatang.

"Puasa Arafah sampai disebutkan dalam HR Imam Muslim, aku berharap kepada Allah dengan berpuasa Arafah itu Allah akan mengampuni dosa yang lalu dan dosa yang akan datang," tambah Buya Yahya.

Bagaimana Hukum Memberi Zakat Fitrah ke Orang Tua Sendiri? Ini Kata Buya Yahya

Buya Yahya menambahkan bahwa pengampunan dosa yang dimaksud juga bukan berarti hal-hal yang besar melainkan kekhilafan kecil. Bentuknya bisa berupa sempat marah-marah, membuka aurat, berbohong, mengejek, hingga ghibah.

Apabila dosa besar, maka mencakup hal-hal yang perlu pengampunan berupa taubat khusus. Bentuknya seperti berzina, meninggalkan salat, hingga murtad atau syirik sehingga tidak lagi mengingat Allah SWT.

Halaman Selanjutnya
img_title