434.843 Hewan Kurban Dipotong di Jawa Timur di Momen Idul Adha 1445 H

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono menyerahkan sapi kurban.
Sumber :
  • Humas Pemprov Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Sebanyak 434.843 ekor hewan kurban dipotong pada momen Idul Adha 1445 Hijriah yang jatuh pada Senin, 17 Juni 2024. Jumlah tersebut lebih banyak 24 persen dibandingkan momen Idul Adha tahun 2023 yang berjumlah 349.771 ekor.

Imigrasi Se Jatim Tetap Bisa Layani Masyarakat yang Terdaftar di M-Paspor

"Alhamdulillaah, tahun ini untuk kurban hewan kurban yang dijadikan kurban oleh masyarakat ini bertambah jumlahnya. Ini menunjukkan bahwa kondisi ekonomi di Jawa Timur cukup baik," kata Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono usai salat Idul Adha di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

Adhy mengatakan, bertambahnya hewan kurban yang dipotong kali ini juga jadi indikator peningkatan ketakwaan masyarakat Jatim. "Juga dibarengi dengan tingkat ketakwaan dan tingkat kesalehan umat Islam yang menunaikan ibadah haji dan kurban," ujarnya.

Hilang Terseret Ombak, Remaja Ditemukan Tewas di Pantai Payangan Jember

Khusus di Masjid Al Akbar Surabaya, tahun ini total hewan kurban yang diterima sebanyak 25 ekor sapi dan 47 ekor kambing. Sementara di Masjid Raya Islamic Center 64 ekor sapi. "Seluruh hewan kurban yang dipilih oleh masyarakat sudah lolos sertifikasi, kemudian vaksinasi dan dipastikan tidak ada penyakit-penyakit," ungkap Adhy.

Dia berharap pembagian hewan kurban kepada masyarakat juga kan berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga semua masyarakat yang berhak akan menerima daging kurban.

Kepala Bappeda Bojonegoro Diperiksa terkait Dugaan Korupsi Mobil Siaga

"Saya berharap saat pembagian kepada masyarakat nanti berjalan dengan baik dan tidak ada masalah," harap Adhy.

Dia menuturkan, selain di masjid-masjid yang dilakukan secara mandiri, sejumlah rumah potong hewan (RPH) di Jatim juga disiapsiagakan untuk melakukan penyembelihan. Total tersedia 131 RPH dan 30.168 tempat di luar RPH atau tempat pemotongan lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title