3 Jenis Riba yang Bisa Hancurkan Hidup Menurut Habib Segaf Baharun

Ilustrasi upah
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Hidup manusia di bumi tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan materi. Dalam melakoni hidup, ada banyak kebutuhan yang perlu dicapai, baik kebutuhan primer maupun sekunder. Untuk itu, manusia selalu terlibat dalam perputaran uang. 

Kata Buya Yahya Hukum Pinjam Uang di Bank Syariah, Apakah Riba?

Namun demikian, yang seringkali sulit dihindari adalah praktik riba dari perputaran uang tersebut. Dalam ajaran Islam, praktik riba ini sangat dilarang. 

Untuk itu, dikutip dari VIVA, Kamis, 21 September 2023, Pimpinan Pondok Pesantren Darullughah Wadda'wah (Dalwa) Bangil, Pasuruan, Habib Segaf Baharun mengungkap 3 macam riba yang dapat menghancurkan kehidupan manusia.

Dikritik karena Gelar Konser Band Kotak di area Rumah Sakit, Ini Kata RSUD Bangil

Beliau mengatakan dari ketiga macam riba tersebut yang pertama adalah riba fadhl. Riba fadhal merupakan bentuk penukaran uang dengan uang, namun ada nominal tambahan.

“Contoh yang gampang sekarang, misalnya membeli uang baru saat lebaran. Uang 1 juta dibeli dengan 1 juta lalu ditambah 100 ribu, nah itu riba,” ujar Habib Segaf dilihat dari YouTube Masjid Nur Syamsiah, Kamis, 21 September 2023.

Viral! Penampakan UFO di Langit Pasuruan dan Jember

Dapat diartikan riba fadhl adalah jenis riba yang penukaran suatu benda yang sama namun kualitas dan kuantitasnya berbeda. Hal ini, kata beliau, dapat menghancurkan atau menyengsarakan hidup.

“Terus gimana solusinya (agar terhindar dari riba)? Anda tinggal tukar uang 1 juta dengan 1 juta, lalu yang 100 ribu sebut saja ‘ini hadiah untuk jasamu’ selesai,” sarannya.

Halaman Selanjutnya
img_title