Mengenal Karamah 5 Kiai Khas di Jawa, bikin Penjajah Takluk

Kiai Abbas Buntet, Cirebon, Jawa Barat
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Perjuangan melawan penjajah dalam mencapai kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari peran serta para kiai khas. Di Jawa sendiri, setidaknya ada 5 kiai khas yang memiliki karamah atau kesaktian hingga membuat penjajah takluk dibuatnya.

Mengenang Jasa Gus Dur pada Perayaan Imlek Indonesia

Pulau Jawa memiliki sejumlah kiai yang dikenal mempunyai kesaktian atau karamah berbentuk kekuatan untuk melindungi dari bahaya fisik, spiritual, maupun sihir jahat. Mereka juga bisa menyembuhkan penyakit dan juga memiliki kemampuan khusus.

Berikut ini 5 kiai yang memiliki Karamah atau kesaktian luar biasa. Dikutip dari VIVA, Rabu, 27 September 2023. 

Ditanya Soal Ramai Kampus Kritik Jokowi, Respons Erick Thohir Hanya Bergeming

1. Kiai Maksum

KH Maksum Jauhari atau yang akrab disapa Gus Maksum adalah seorang kyai sekaligus pendekar yang mendirikan ikatan pencak silat untuk warga NU yang diberi nama Pagar Nusa. Ia dikenal masyarakat dengan perilaku yang nyeleneh dan memiliki penampilan nyentrik.

Ucapan Gus Dur Jadi Spirit Para Kiai di Bondowoso Menangkan Prabowo-Gibran

Ia memiliki rambut gondrong, jenggot, dan kumis lebat yang dilengkapi dengan sarung mendekati lutut dan selalu memakai sandal bakiak. Konon katanya, karena terlalu sakti, rambut Kyai Maksum tidak bisa dipotong dan mulutnya bisa menyemburkan api.

Ia juga bisa melemparkan sapi seperti melempar sandal, tidak mempan dengan santet, senjata tajam, mahir menaklukkan jin, dan masih banyak yang lainnya. Gus Maksum telah meninggal dunia pada 21 Desember 2003 di Kanigoro dan disemayamkan di pemakaman PP Lirboyo.

Halaman Selanjutnya
img_title