Hindari Tragedi Kematian 2019, Ini 4 Tips Jaga Kesehatan Bagi Petugas KPPS

Ilustrasi KPPS di TPS
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tidak lama lagi akan memulai pekerjaannya. Yakni tepat pada pemilihan umum (Pemilu) 14 Februari 2024. Mereka sebelumnya juga sudah mengikuti tahapan bimbingan teknis hingga pembuatan TPS

Nusron Wahid Komentari Usulan Ganjar tentang Hak Angket DPR Terkait Dugaan Kecurangan Pemilu

Oleh karena pemilu 2024 ini memuat 5 pemungutan dan penghitungan surat suara (Tungsura). Maka tugas KPPS dapat dibilang cukup besar dan menguras waktu serta tenaga. Belum lagi adanya kemungkinan terjadi kendala teknis saat pelaksanaan.

Guna menghindari tragedi kematian petugas KPPS pada Pemilu 2019 lalu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan rekomendasi tips bagi para petugas KPPS. Berikut ini 4 tipsnya, dikutip dari VIVA, Senin, 12 Februari 2024.

Mitos Weton Pemilu 2024 Disebut Hari Banteng Lumpuh, Benarkah?

"Di balik penyelenggaraan pesta demokrasi, ada petugas KPPS yang turut andil dalam kelancaran ajang lima tahunan ini. Agar tetap sehat, #Minkes punya 4 tips jaga tubuh tetap bugar selama bertugas! Disimak yuk," tulis keterangan Instagram @kemenkes_ri.

Adapun tips menjaga kesehatan bagi para petugas KPPS ini dirangkum dalam 4C yang bisa mulai diterapkan sesegera mungkin sebelum hari Pemilu berlangsung.

Perolehan Suara Caleg Berkurang, KPU Tuban Salahkan Ponsel dan Penulisan KPPS

1. Cukup Tidur

Pada umumnya cukup tidur bukan hanya bermanfaat untuk menjaga stamina harian tetapi juga baik untuk meningkatkan fokus saat bekerja. Petugas KPPS disarankan untuk mulai menjaga pola tidurnya minimal 6-8 jam setiap hari agar tubuh terasa lebih bugar di hari pemungutan suara.

Halaman Selanjutnya
img_title