TPS di Trenggalek Ini Dikritik Bupati Arifin karena Tak Ramah Difabel

Bupati Trenggalek M Nur Arifin dan istrinya, Novita Hardini.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim – Salah satu Tempat Pemungut Suara (TPS) di Kabupaten Trenggalek belum ramah bagi kaum difabel gegara didirikan di lantai tanah dan banyak kerikil. Bupati Trenggalek M Nur Arifin mengkritik itu.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

TPS dimaksud ialah TPS 01 Desa Prambon Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. Ia mengatakan akan menjadi koreksi dan catatan dengan adanya temuan TPS yang belum aksesibilitas bagi sahabat difabel.

Sebab, mereka memiliki hak yang sama untuk memperoleh perlakuan sebagaimana mestinya.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

"Masukan ya buat kami, saya juga mohon maaf. Ini nanti saya sampaikan ke KPU, karena habis ini ada gelaran pilkada," ujar Arifin, Kamis, 15 Februari 2024.

Mas Ipin, sapaan akrabnya, menambahkan kepada pemerintah desa, khusus kepada KPPS yang tertunjuk, kedepan seharusnya memilih tempat yang lebih dekat kepada akses sahabat difabel.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

"Pikiran saya TPSnya disana, ternyata masih berjarak 200 meter, jadi cukup effort," jelas Mas Ipin.

Dirinya berharap ke depan bagi RT dan RW bisa aktif mendata para pendatang, pindahan dan sebagainya. Karena menurut Mas Ipin, ada beberapa difabel yang setelah nikah tinggal di rumah inklusi. ternyata KTP yang dimiliki masih lama, dan belum terupdate di Adminduk Disdukcapil.

Halaman Selanjutnya
img_title