Resep Tenang Berbuka Puasa Rekomendasi Dokter Zaidul Akbar saat Puasa Ramadan

Zaidul Akbar
Sumber :
  • viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim-Jelang bulan Ramadan tahun ini, herbalist dan pendakwah dr. Zaidul Akbar menyarankan agar masyarakat mencontoh nabi Muhammad SAW ketika berbuka puasa. Dijelaskan, nabi Muhammad selalu berbuka puasa dengan menggunakan kurma basah atau ruthob.  

Kolesterol Tinggi Usai Lebaran, Simak Tips dan Saran dr Zaidul Akbar Ini

“Pertama dalam hadist Nabi Muhammad berbuka dengan ruthob, ruthob itu kurma basah. Kenapa kurma basah? Kurma basah itu kandungan air kandungan masih tinggi,” kata dr. Zaidul Akbar dikutip dari tayangan YouTube dr. Zaidul Akbar Official.

Lebih lanjut dijelaskannya, yang paling utama ketika mengonsumsi kurma basah ketika berbuka puasa adalah kurma basah dapat mengisi tenaga lebih cepat. Mengingat kandungan gula dalam kurma basah yang mudah diserap oleh tubuh. 

Ramadan Berakhir, Saatnya Menghangatkan Ranjang dengan Gaya Ini!

“Tapi paling penting kandungan gulanya jenis gula yang tecepat diserap tubuh kita. Dengan konsumsi kurma dapatkan dua benefit sekaligus, airnya dapat dan gulanya dapat dan itu langsung memberikan tenaga untuk tubuh kita,” katanya. 

Selain itu, dijelaskannya bahwa kurma juga mengandung kalium, dan kalsium yang tinggi. Kandungan kalium dan kalsium pada kurma dapat memberikan ketenangan bagi mereka yang memakannya.

Santapan Lebaran Bikin Naik Kolesterol? 6 Buah ini Bisa Bantu Netralkan Tubuhmu

“Jadi produk pangan yang mengandung kalium, kalsium, mineral dan alkali berikan ketenangan. Itu pedoman di situ, kalau kita mau mengambil berbuka nabi di situ,” jelasnya. 

Namun kata dr. Zaidul Akbar jika tidak ada kurma basah nabi Muhammad berbuka puasa dengan kurma kering dan dilanjutkan dengan konsumsi air putih. Tetapi katanya, jika tidak ada kurma masyarakat bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung gula tinggi seperti nanas dan anggur untuk berbuka puasa. 

Halaman Selanjutnya
img_title