Penderita Penyakit Lambung Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur, Kata Dokter Bahayanya Begini

ILustrasi Tidur
Sumber :
  • viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim-Spesialis penyakit dalam, Dr.dr. Irsan Hasan, Sp.PD,KGEH, FINASIM menjelaskan bahwa bagi mereka yang memiliki masalah lambung idealnya untuk tidak langsung tidur usai sahur agar asam lambung mereka tidak naik ke kerongkongan.

Atasi Insomnia dengan 4 Ramuan Herbal Ini, Berikut Resepnya

“Tergantung yang bertanya ini apakah dia memiliki masalah lambung atau tidak. Idealnya kita tidak boleh langsung tidur, tunggu dulu sampai makanannya turun supaya tidur itu menjadi nyaman. Tapi tidak semua orang bisa melaksanakan pola hidup sehat seperti itu,” ungkap dokter Irsan dalam program Hidup Sehat tvOne, Senin 12 Maret 2024. 

Irsan menjelaskan salah satu pola hidup sehat yang dianjurkan penderita gerd adalah menunda makan paling tidak dua jam sebelum tidur. Sehingga tidak boleh langsung begitu saja tidur usai makan.

Tips Ampuh Cegah Depresi dengan Terapkan 7 Gaya Hidup Sehat

“Jadi jangan makan sebelum tidur. Kalau mau tidur malam jam 10, makan malam terakhir jam 7, jam 8. Kalau tidur malamnya jam 9, makan malam terakhirnya jam setengah 7. Problemnya beda, sahur kemudian tidur. Orang-orang gerd paham kalau habis makan dia bawa tidur ada rasa pahit, asam naik ke atas (kerongkongan). Kadang-kadang panas di dada,” jelasnya.

Irsan menjelaskan jika mereka yang memiliki masalah lambung, ketika sahur diusahakan untuk bergerak terlebih dahulu sebelum tidur. Atau bisa atasi dengan posisi tidur yang tepat yakni menggunakan dua bantal ketika tidur.

Asam Lambung Naik saat Puasa? Jangan Khawatir, Ini Solusinya

“Idealnya setelah sahur dia tidak langsung tidur berbaring, duduk dulu, bergerak dulu mungkin bisa 2 jam seperti teori baru tidur. Tapi masalahnya ada yang mau berangkat kerja kalau tunggu telat berangkat. Nomor satu untuk mereka yang punya gerd, dari pola hidupnya pakai bantal lebih tinggi,” ujarnya. 

Dua bantal ini digunakan dengan tujuan agar membuat posisi lambung dan kerongkongan vertikal. Sehingga asam lambung tidak langsung naik ke kerongkongan ketika tidur.

Halaman Selanjutnya
img_title