3 Jenis Olahraga Ala Rasulullah, Ini Dia Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Tim renang Indonesia di Hangzhou
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Pada umumnya segala jenis olahraga tentu saja bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, 3 jenis olahraga ini ternyata tidak hanya mengandung manfaat, melainkan juga dianjurkan atau disunnahkan. Karena Rasulullah pun rutin melakukan hal tersebut. 

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Adapun 3 jenis olahraga yang dianjurkan itu adalah memanah, berkuda dan berenang. Hal ini didasarkan pada sebuah hadits sahih riwayat Bukhari Muslim. ”Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,”.

Berikut ini penjelasan manfaatnya, dikutip dari VIVA, Selasa, 19 Maret 2024

Kilas Balik Sejarah 4 Perang Besar dalam Islam di Bulan Syawal

1. Memanah

Memanah atau panahan adalah salah satu olahraga yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad. Dalam satu hadis disebutkan Rasulullah lebih suka memanah dibandingkan berkuda.

Cara Ampuh Tetap Sehat meski Banyak Makan Manis dan Berlemak saat Lebaran

“Memanah dan berkudalah, dan kalian memanah lebih aku sukai daripada berkuda.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah. Hadits ini Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani).

Memanah adalah sumber kekuatan. Terkandung banyak kebaikan dalam olahraga ini. Memanah bisa melatih kesabaran, kelembutan, kekuatan, dan kasih sayang. Oleh karena itu olahraga ini juga sangat dianjurkan oleh Nabi.

Halaman Selanjutnya
img_title