BPJS Kesehatan Pastikan Peserta JKN Bisa Akses Layanan saat Libur Lebaran

Konfrensi Pers BPJS Kesehatan soal Program JKN Lebaran 2024
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tetap bisa mengakses pelayanan, khususnya terkait kebutuhan administrasi di masa libur Lebaran 2024.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

Cuti bersama dan libur lebaran akan jatuh pada tanggal 8 hingga 15 April 2024 mendatang. BPJS Kesehatan bakal menerapkan piket layanan khusus di setiap kantor cabang dan kantor kabupaten/kota.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti mengatakan, BPJS mengacu pada prinsip portabilitas guna memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia.

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Oleh sebab itu, pihaknya memastikan peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak 3 kali kunjungan dalam waktu satu bulan.

Selama libur lebaran, BPJS Kesehatan menyediakan berbagai kanal layanan seperti pelayanan piket di kantor cabang dan Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (Pandawa). Pelayanan tersebut beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat. Adapun pelayanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup administrasi, pemberian informasi, dan penanganan pengaduan.

Minim Pendonor, Stok Darah di PMI Tuban Menipis

“Peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui Aplikasi Mobile JKN," terang Ghufron dalam rilis yang diterima VIVA Jatim, Rabu, 20 Maret 2024. 

Selain itu, BPJS Kesehatan menyiapkan Posko Mudik mulai dari tanggal 5 hingga 9 April 2024. Lokasi Posko Mudik Kesehatan tersebar di beberapa titik strategis seperti Terminal Pulo Gebang di Jakarta Timur, Pelabuhan Merak di Banten, Rest Area Tol Cikampek KM 88A di Purwakarta, Rest Area Tol Palikanci KM 207A di Cirebon, Rest Area Tol Ungaran KM 429A di Kabupaten Semarang, Terminal Purabaya di Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar.

Halaman Selanjutnya
img_title