6 Sayuran Pembasmi Kolesterol, Cocok Dikonsumsi Usai Lebaran

Ilustrasi Sayuran
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Umat Islam telah melakoni serangkaian ibadah puasa dan lebaran dengan baik. Berpuasa selama satu bulan lamanya dan merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H selama satu pekan. Hal yang perlu diperhatikan adalah makanan yang dikonsumsi serta dampaknya terhadap kesehatan. 

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Makanan tinggi lemak jenuh, seperti makanan bersantan, makanan yang dimasak dengan daging merah hingga goreng-gorengan sering muncul saat lebaran. Jika dikonsumsi berlebihan, tentu dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh meningkat. 

Sayuran yang mengandung vitamin B12 disebut-sebut ampuh untuk mengelola kolesterol tinggi. Karena kaya vitamin B12, sayuran-sayuran ini sangat baik dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL). Apa saja? Berikut ulasannya, dilansir dari VIVA, Selasa, 15 April 2024.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Paprika kuning

Warna kuning yang terdapat pada paprika mengandung banyak vitamin B12. Sayuran berwarna cerah diketahui mengandung nutrisi yang luar biasa, terutama vitamin B12, yang dapat membantu mengendalikan kolesterol tinggi.

Minim Pendonor, Stok Darah di PMI Tuban Menipis

Labu

Selain sebagai pembangkit tenaga, labu juga mengandung vitamin B12. Vitamin ini sendiri berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, proses sintesis DNA, menjaga fungsi neurologis dan mengatasi kolesterol.

Halaman Selanjutnya
img_title