Pendam Amarah Bisa Ganggu Kesehatan, Lakukan 4 Langkah Mudah Memaafkan

Ilustrasi pria marah atau emosi
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Salah satu hal yang sangat mengganggu terhadap kesehatan seseorang adalah memendam amarah dalam kurun waktu yang cukup lama. Baik kesehatan fisik maupun mental hingga mengeluarkan hormon cortisol yang menjadi penyebab stres.

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Akibatnya, amarah yang mulanya timbul sesaat bisa jadi berdampak jangka panjang karena orang yang bersangkutan tidak dapat menanganinya dengan baik. Bukan hanya pada kondisi mental, namun juga mengganggu kesehatan lainnya seperti asam lambung, jantung, hingga gangguan pernapasan.

"Stres ini bisa dipicu oleh amarah berlebihan yang membuat sel di otak terganggu. Bahkan organ tubuh terganggu. Asam lambung naik, jantung berdegup kencang, nafas jadi cepat otot jadi tegang, serta mengganggu kesehatan fisik dan jiwa bagi yang bersangkutan," jelas dr. Lahargo Kembaren, SpKJ, Spesialis Kedokteran Jiwa, dikutip dari VIVA, Rabu, 17 April 2024.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Memaafkan seseorang yang sudah membuat sakit hati memang tidak mudah, namun hal itu perlu dilakukan agar seseorang kembali menjalani kehidupan dengan normal lagi dan menerima hal-hal positif lainnya. Meskipun tidak bisa melupakan sepenuhnya kejadian yang sudah menyakiti hati, namun memaafkan bisa meredam amarah dan mencegah terjadinya gangguan kesehatan yang lebih serius.

1. Tahap Menerima

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

Memaafkan terdiri dari beberapa fase, pertama adalah acceptance atau penerimaan. Dalam fase ini, seseorang akan memutuskan untuk menerima atau tidak cerita baru dan move on dari masa lalunya.

"Bahwa kita hanya bisa menerima masa lalu itu dan ambil pelajaran darinya," jelas dr. Lahargo.

Halaman Selanjutnya
img_title