Aksi Macho Pejabat Pemasyarakatan dan Imigrasi di Jatim saat Latihan Menembak

Pejabat di Kemenkumham Jatim saat latihan menembak.
Sumber :
  • Humas Kemenkumham Jatim

Sidoarjo, VIVA Jatim – Pejabat di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi se Jawa Timur melakukan latihan menembak bersama di Pusdik Sabara Porong, Kabupaten Sidoarjo, pada Selasa, 28 Mei 2024, lalu. Memanggul senjata, mereka terlihat gagah dan macho saat membidik sasaran.

Gandeng KPK dan Saber Pungli, Kemenkumham Jatim Gelar Pencegahan Gratifikasi

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengasah fisik dan mental para pimpinan di tingkat UPT lingkungan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jatim. “Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan antar Kepala UPT,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Heny Yuwono dalam keterangannya, Kamis, 30 Mei 2024. 

Yang lebih utama, lanjut dia, kegiatan latihan menembak bersama itu digelar untuk menjalin silaturahmi dan memperkokoh sinergi para pegawai di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jatim. Selain itu, juga untuk melatih ketangkasan, konsentrasi, dan kesigapan para Kepala UPT dalam menghadapi situasi yang tidak terduga. 

Orasi Ilmiah Menkumham di Ponpes Sunan Drajat Lamongan: Pentingnya SDM Unggul

Kegiatan ini, papar Heny, juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kanwil Kemenkumham Jatim. "Kemampuan fisik dan mental yang prima, serta disiplin yang tinggi diperlukan untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik," ujarnya.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat melatih diri untuk berkonsentrasi dan fokus. Sehingga sebesar dan sekompleks apa pun kendala dan masalah yang dihadapi, jika dilaksanakan dengan konsentrasi dan fokus pasti akan teratasi dengan baik. 

Hutan Mangrove di Pesisir Timur Surabaya Sidoarjo Darurat Sampah

Kegiatan menembak ini diawali dengan pemberian materi tentang dasar-dasar menembak dan pengenalan jenis-jenis senjata api oleh Tim Menembak Pusdik Sabhara Porong. Selanjutnya, para peserta langsung mempraktikkan kemampuan menembak di lapangan tembak.