Ragam Olahan Sea Food yang Bikin Ngiler di Festival Gandrung Rajungan Lamongan

Kuliner rajungan di Festival Gandrung Rajungan Lamongan.
Sumber :
  • Imron Saputra/Viva Jatim

Lamongan, VIVA Jatim – Nelayan di Kabupaten Lamongan menggelar Festival Gandrung Rajungan yang berlangsung di halaman kantor Rukun Nelayan (RN) Blimbing, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Rabu 21 Agustus 2024. 

Asik Nongkrong di Warkop, Pelajar di Lamongan Semburat Saat Dirazia Satpol PP

Aneka makanan laut berbahan dasar rajungan disajikan di acara tersebut. Beberapa makanan yang terbuat dari rajungan yang diperlombakan. Selain itu juga panitia juga membuat perlombaan untuk katagori rajungan panjang dan besar.

Acara yang menyajikan olahan atau masakan rajungan tersebut bertujuan untuk mengenalkan potensi makanan Lamongan kepada masyarakat luas juga sekaligus promosi wisata di kawasan pesisir Lamongan.

KPU Lamongan Kembalikan Dua Berkas Pencalonan Bupati karena Kurang Lengkap

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berharap, kegiatan Festival Gandrung Rajungan tersebut bisa menjadi agenda festival tahunan. 

Yuhronur menjelaskan, Kecamatan Paciran dan Brondong atau wilayah pesisir Pantai Utara Lamongan dikenal sebagai penghasil dan pengolah produk makanan yang bahan bakunya berasal dari rajungan. Sehingga masyarakat di pesisir ini sudah dikenal dengan produk rajungannya.

Hadiri Festival Kerapu, Bupati Lamongan Janji Tak Akan Ubah Tambak Ikan jadi Kawasan Industri

Selain itu, lanjut Yuhronur, rajungan tidak hanya diolah untuk dijadikan sebagai menu makanan yang bergizi. Namun, seluruh bagian cangkang dan kulit rajungan tersebut juga bisa diolah untuk bahan lainnya.

"Kita berharap festival ini bisa digelar setiap tahunnya dan harapan kami kegiatan ini bisa membangkitkan ekonomi masyarakat di sekitar sini dan rajungan ini selain diolah menjadi makanan juga kulit dan cangkangnya bisa dimanfaatkan untuk produk lain," kata Yuhronur.

Halaman Selanjutnya
img_title