Mau Pakai Pinjol untuk Biaya Kuliah? Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Ilustrasi pembayaran online.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimPinjaman online atau pinjol menjadi solusi tersendiri bagi kebutuhan finansial seseorang di era digital saat ini. Seperti diketahui sistem pinjol menawakan akses yang mudah dan proses yang cepat. Sehingga memudahkan bagi siapa saja yang memiliki kebutuhan mendesak. 

Residivis di Mojokerto Nekat Curi Ponsel Demi Bayar Biaya 2 Anak Sekolah

Namun, pertanyaannya adalah, apakah pinjaman online aman bagi mahasiswa? Di sisi lain, sebagai mahasiswa, kebutuhan dana tambahan bisa datang kapan saja, baik untuk biaya kuliah, membeli buku, atau kebutuhan mendesak lainnya. 

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk mengambil pinjaman online, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Pinjaman online memang terlihat menggiurkan karena prosesnya yang praktis, tetapi ada risiko besar yang perlu dipahami. 

Cuaca Jawa Timur Hari Ini Jumat 27 September 2024: Siang Hingga Sore Hari Hujan

Salah satu risikonya yakni adanya bunga tinggi dan biaya tambahan yang mungkin sulit untuk dilunasi oleh mahasiswa dengan penghasilan terbatas. Jika tidak bijak menggunakannya, bisa saja itu menjadi masalah finansial ke depannya.

Berikut ini beberapa pertimbangan sebelum mahasiswa memutuskan untuk mengambil pinjaman online:

Deklarasi Dukung Fikri-Unais di Pilkada Sumenep, Warga hingga Guru Ngaji Kompak Urunan

1. Periksa legalitas penyedia pinjaman

Pastikan platform pinjaman online yang Anda pilih terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ini memastikan keamanan data pribadi dan perlindungan konsumen dari praktik penagihan yang tidak wajar.

Halaman Selanjutnya
img_title