Agar Tak Mengantuk di Perjalanan, Lakukan 5 Hal Ini

Ilustrasi mengemudi mobil
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 diprediksi bakal mengalami lonjakan pemudik. Kementerian Perhubungan Republik Indonesia memprediksi sekitar 44,17 juta orang yang akan berlalu-lalang di sejumlah ruas jalan, baik untuk pulang kampung atau pergi berlibur. 

Telkomsel Siagakan 233 Ribu BTS Hadapi Lonjakan Trafik Hingga 13 Persen Saat Momen Nataru

Namun demikian, tak jarang ditemukan kecelakaan, mulai dari tunggal hingga beruntun terjadi. Salah satu penyebabnya karena pengemudi mengantuk. Rasa kantuk itu disebabkan karena banyak hal. Bisa jadi karena tubuh yang kurang fit, perjalanan terlampau jauh hingga kurangnya istirahat. 

Berikut ini tips agar terhindar dari rasa mengantuk saat perjalanan jauh sekalipun, dikutip dari Viva Lifestyle pada Selasa, 27 Desember 2022. 

Satlantas Polres Nganjuk Ubah Lintasan Ujian Praktik SIM Jadi Lebih Mudah

Saat Mengantuk, segera Menepi

Jika mata Anda sudah mulai dirasa berat dan konsentrasi menyetir perlahan menurun, jangan paksakan meneruskan perjalanan. Segeralah menepi dan istirahat sejenak. Jangan sekali-kali mengemudi dalam keadaan mengantuk, karena akan membahayakan keselamatanmu dan orang lain. 

Tahun Baru Semangat Baru, Baca Doa Ini untuk Keberkahan Hidup

Buka Kaca Jendela 

Dalam keadaan tertutup, sirkulasi udara di dalam mobil juga bisa membuatmu mengantuk. Cobalah untuk mematikan AC dan membuka kaca jendela mobil. Dengan begitu udara luar akan masuk ke dalam. Meski udara luar tak terlalu bersih, setidaknya hembusan angina yang mengenai wajahmu bisa mengurangi rasa kantuk. 

Halaman Selanjutnya
img_title