Tumor Otak, Kenali Gejala dan Penanganannya

Visualisasi hasil scan pasien tumor otak
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimTumor otak terjadi ketika di dalam otak tumbuh sel abnormal yang bersifat jinak maupun ganas. Gejala awal kemunculan penyakit ini bisa berupa nyeri kepala, mata kabur sebelah, pendengaran terganggu hingga gangguan sensorik serta saraf motorik.

Waspada 5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran

Dokter Spesialis Saraf National Hospital Surabaya, Dr dr Irwan Barlian Immadoel Haq SPBS (K) Onc mengatakan, sel tumor bisa tumbuh dimana saja, di seluruh bagian otak.

"Gejalanya muncul itu sesuai tumbuhnya (sel tumor) itu di daerah mana," ujar Dokter Irwan, Senin 9 Oktober 2023.

Libur Lebaran, Dokter Imbau Warga RI Waspada Flu Singapura dan DBD

Dokter Irwan juga menyebut, penyakit ini bisa diderita oleh siapapun di segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Tumor otak yang menyerang anak, cenderung bersifat ganas dan kebanyakan tumbuh di bagian otak kecil, batang otak dan tengah.

"Justru kasus-kasus yang kompleks itu biasanya malah tumor-tumor anak-anak," lanjutnya.

Kenali Gejala Leptospirosis, Penyakit Kencing Tikus di Musim Hujan dan Banjir

Namun berdasar catatannya, kasus tumor otak saat ini lebih banyak diderita oleh kaum perempuan dengan jenis tumor meningioma.

Meningioma ialah tumor yang terjadi pada selaput pelindung otak dan saraf tulang belakang, sebagian besar tumor ini bersifat jinak yang berkembang sangat lambat. Bahkan bisa tidak menunjukkan gejala hingga bertahun-tahun.

Halaman Selanjutnya
img_title