Gen Z Kini Sudah Manfaatkan AI untuk Kegiatan Harian

Ilustrasi anak main gadget
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim –Sebanyak 43 persen Gen Z sudah memiliki kesadaran pentingnya teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Data Google menyebutkan beberapa diantara mereka bahkan sudah mengadopsi pemanfaatan AI untuk kegiatan sehari-hari. 

Bahaya Pergaulan Bebas Mengintai Anak, Begini Cara Mencegahnya

Itu artinya, sebanyak satu dari lima Gen Z menggunakan kecerdasan buatan untuk memudahkan komunikasi, baik dalam menyusun email maupun merespons obrolan. Sementara 23 persennya menggunakan kecerdasan buatan sebagai virtual assistant untuk mempermudah kehidupan sehari-harinya.

"Perilaku tersebut tak terlepas dari penetrasi teknologi AI di bidang profesional maupun kreatif," kata Country Head of Android of Google Indonesia Denny Galant, dalam diskusi yang digelar Forum Wartawan Teknologi (Forwat) dilansir dari VIVA pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Sering Buka Situs Sensitif dan Berbahaya? Ini Cara Mudah Hapus Jejak Digital

Tren ini juga menunjukkan bahwa pengguna siap untuk mengadopsi dan memperluas manfaat teknologi AI lebih dari sebelumnya. Oleh karena itu, Gen Z dan milenial perlu meningkatkan kembali keterampilan mereka agar dapat bersaing di era modern.

"Salah satunya dilakukan dengan meningkatkan adopsi platform AI generatif untuk membantu menyelesaikan pekerjaan hingga membuka inspirasi serta imajinasi dalam berkarya. Ini saatnya untuk upgrade skill," tutur dia. 

Simak 3 Cara Blokir WhatsApp tapi Foto Profil Tetap Ada

Dengan semakin banyaknya masyarakat khususnya Gen Z, Samsung berupaya menghadirkan solusi bagi mereka salah satunya dengan menyiapkan gebrakan baru lewat Galaxy AI yang akan debut pada 2024.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronic Indonesia Verry Octavianus menyebutkan Galaxy AI akan menyediakan dua layanan menarik, yaitu Cloud AI dan juga AI on Device.

Halaman Selanjutnya
img_title