10 Caleg Dapil Jatim 1 Lolos Senayan Versi Real Count ARCI: BHS, Ahmad Dhani, Arzeti hingga Lucy

Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Sirajt
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Meski KPU secara resmi baru akan mengumumkan hasil Pemilu 2024 pada 20 Maret mendatang berdasarkan rekapitulasi suara manual secara berjenjang, namun nama-nama caleg terpilih sudah bisa diprediksi dari real count KPU dari sejumlah TPS.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Direktur Accurate Reserch and Consulting (ARCI), Baihaki Sirajt mengatakan, dari hasil real count KPU yang berbasis C1 hasil maupun C1 salinan sudah bisa diketahui konfigurasi caleg terpilih yang diprediksi lolos ke Senayan.

"Sudah bisa diketahui 10 Caleg yang akan melenggang ke Senayan," kata Baihaki melalui keterangan tertulisnya, Senin 26 Februari 2024.

Penetapan Pemenang Pilpres 2024, 4 Ribu Lebih Personel Disiagakan

Sebanyak 10 nama Caleg DPR RI yang diprediksi lolos ke Senayan adalah Bambang Haryo Soekaryono (Gerindra), Puti Guntur Soekarnoputri (PDI Perjuangan), Arzeti Bilbina Setyawan (PKB), Sungkono (PAN), Adies Kadir (Golkar), Reni Astuti (PKS), Lita Machfud Arifin (NasDem), Dhani Ahmad Prasetyo (Gerindra), Indah Kurnia (PDI Perjuangan), dan Lucy Kurniasari (Demokrat).

Baihaki mengungkapkan hasil prediksi tersebut berdasarkan 80 persen data masuk dari 13.667 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Dapil Jatim 1.

Sosok Kartini Jadi Inspirasi Kris Dayanti sebagai Anggota DPR Sekaligus IRT

Menurut dia, data tersebut tidak akan mengalami perubahan berarti sampai penetapan hasil resmi secara yang akan diumumkan oleh KPU RI.

"Saya yakin konfigurasi caleg terpilih ini tidak akan berubah sampai hasil resmi KPU diumumkan. Terkecuali ada sesuatu hal yang bersifat luar biasa. Saya kira potensi bergesernya sangat kecil," tegasnya.