UPT Jatian Ponpes Annuqayah Lubangsa Ajak Pesantren se-Madura Kelola Sampah Lebih Massif

Musyawarah Ekopesantren se-Madura UPT Jatian
Sumber :
  • Abdul Warits/ VIVA Jatim

Sumenep, VIVA Jatim-UPT Jatian sebagai salah satu unit pelaksana teknis pengelolaan sampah di Pondok Pesantren Annuqayah Lubangsa, Guluk-guluk, Sumenep terus berupaya melakukan gerakan massif dalam upaya pengelolaan sampah. 

Kunjungi IPST ASARI, 30 Mahasiswa dari 6 Negara Belajar Cara Kelola Sampah Jadi Bahan Bakar

Laboratorium UPT Jatian yang diresmikan oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin pada 09 Agustus 2023 lalu itu menggelar Musyawarah Ekopesantren bertema “Manajemen Pengelolaan Sampah di Pesantren” di Aula pesantren setempat, Sabtu, 2 Maret 2024. 

Musyawarah yang dihadiri oleh perwakilan 50 pesantren se-Madura itu dimaksudkan untuk mengajak kalangan pesantren agar memiliki komitmen yang sama di dalam mengatasi permasalahan sampah yang telah menjadi ancaman serius bagi lingkungan.

TP PKK Trenggalek Komitmen Bangun Ketahanan Pangan dan Pengelolaan Sampah

Bapak Wahyudi Anggoro Hadi, Kepala Desa Panggungharjo mengatakan kunci keberhasilan pengelolaan sampah adalah mengelola atau memilah sampah sejak dari sumber. Namun, yang perlu diingat adalah alat teknologi tidak akan berdampak jika tidak ada perubahan perilaku.

“Di Panggungharjo, kesadaran untuk mengelola sampah dimulai di setiap rumah. Bagaimana desa membuat kebijakan setiap rumah yang menghasilkan 1 kg sampah akan didenda 1.000 jika tidak dipilah,” katanya.

Menengok Cara Pesantren Annuqayah Sumenep Mengolah Sampah

Gagasan pendiri pesantren Ekosistem Madani Atasi Sampah (EMAS) ini diikuti oleh 14 pesantren di Yogyakarta. Salah satunya di PP Al-Munawwir, Krapyak, Yogyakarta.

“Di Krapyak, pembuat kebijakan itu tegas dalam menerapkan aturan, contohnya Pengurus Kebersihan di Al-Munawwir, Krapyak, Yogyakarta tidak akan mengangkut sampah yang diproduksi Pengasuh atau Kiai jika sampah tidak dipilah. Jadi, perlu adanya kebijakan yang diterapkan secara tegas, “ katanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title