Banjir Kembali Rendam Permukiman Penduduk Kota Mojokerto, Aktvitas Warga Terganggu

Banjir Kembali Rendam Permukiman Penduduk Kota Mojokerto
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/ Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim - Banjir kembali merendam sebagian permukiman penduduk Kota Mojokerto akibat aliran sungai meluap. Aktivitas warga pun terganggu. 

12 Rumah di Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

Pantauan VIVA Jatim di RT 03 Lingkungan Trenggilis Kelurahan Blooto, Kota Mojokerto, pada Minggu, 10 Februari 2024 pukul 13.30 WIb, banjir nampak menggenangi jalan dan rmasuk ke dalam rumah penduduk. Ketinggian air mencapai 30 sampai 40 sentimer. Meski demikian, warga tetap bertahan di rumah. 

Salah satu warga, Arifin mengatakan, banjir kali ini karena meluapnya sungai di sekitar akibat curah hujan tinggi yang terjadi pada Sabtu, 10 Februari 2024 malam. Menurutnya genangan banjir mulai masuk ke permukiman warga sejak tadi pagi. 

8 Kecamatan Terdampak Luapan Banjir Akibat Hujan Deras di Trenggalek

“Tadi jam 04.00 WIB mulai masuk, ini yang kedua kalinya setelah hari Kamis kemarin. Luberan dari Sungai Ngotok. (Ketinggian air) 30 -40 sentimer,” katanya kepada VIVA Jatim saat ditemui di rumahnya yang terendam banjir. 

Banjir membuat teras, ruang tamu, kamar, dan dapur penuh dengan air. Beruntungnya, peraboton rumahnya telah diselamatkan sebelumnya air masuk. Hanya saja, terpaksa tidur di rumah kakaknya yang letaknya bersebelahan. Karena rumah sang kakak tidak kemasukan air karena posisinya lebih tinggi dari Arifin. 

Jalur Pantura Pasuruan-Surabaya Terendam Banjir, Lalu Lintas Lumpuh Total

“(Air) masuk ke rumah ini, tidur sementara di rumah kakak,” ujarnya. 

Lingkungan ini sebelumnya juga sempat terendam banjir pada Kamis, 7 Februari 2024 pagi hingga sore. Menurut Arifin, sebagian lingkungan ini selali jadi langgaan banjir setiap kali muara sungai meluap karena terjadi peningkatan debit. 

Halaman Selanjutnya
img_title