Mulailah Catat Keuangan Bisnis UMKM Anda Selama Ramadan 2024

Diskusi bersama UMKM Setempat.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Selama Ramadan tahun 2024, para pelaku bisnis sudah banyak yang mulai memberikan gencaran promo spesial di bulan puasa. Di beberapa supermarket bahkan sudah mulai memproduksi berbagai macam hampers lebaran siap beli.

Pj Gubernur Jatim Tanggapi Polemik Warung Madura di Bali : Ekonomi Sekarang 24 Jam

Belum lagi tren busana Ramadan hingga Idul Fitri 2024 pun makin marak dibahas dan bermunculan beragam promo di berbagai e-comerce.

Tidak ketinggalan, pelaku bisnis kue lebaran juga mulai membuka layanan Pre-Order demi mengendalikan orderan yang biasanya membludak menjelang hari raya. Namun kenyataannya, persaingan bisnis jadi semakin ketat karena bermunculan pemain-pemain baru yang mencoba peruntungan di bulan penuh berkah ini.

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Tentu akan sangat kesulitan bila sebelumnya bisnis yang dimiliki tidak pernah dipantau pergerakannya. Tidak melulu tentang promosi yang strategis, namun amburadulnya pencatatan keuangan dan transaksi usaha menjadikan pelaku UMKM sering kesulitan mengetahui peningkatan bisnisnya.

"Kami ingin memfasilitasi pelaku UMKM  supaya bisa Go Digital biar bisnisnya makin maju, apalagi sebentar lagi harusnya para UMKM ini bisa panen hasil di bulan puasa," kata Etik Sulistyani, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan.

Minim Pendonor, Stok Darah di PMI Tuban Menipis

Harapan ini terwujud dengan diadakannya pelatihan BIMTEK - Literasi Digital Keuangan Usaha Mikro dengan menggandeng Kasir Pintar sebagai partner Kasir Digital bagi UMKM.

Dihadiri oleh kurang lebih 75 orang, para peserta tampak antusias untuk belajar mengenai pencatatan transaksi dan keuangan bisnis secara digital.

Halaman Selanjutnya
img_title