Pelindo Regional 3 Siapkan 20 Terminal Penumpang Antisipasi Lonjakan Pemudik Lebaran 2024

Ilustrasi pemudik di pelabuhan.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimPT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 mulai melakukan sejumlah persiapan guna mengantisipasi lonjakan pemudik tahun ini khususnya via jalur laut.

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Sedikitnya 20 terminal penumpang dan RoRo di wilayah kerja disiapkan untuk melayani arus mudik Lebaran yang di prediksi meningkat 15 Persen dari tahun sebelumnya.

Sejumlah langkah antisipasi tersebut diantara meliputi penyiapan terminal penumpang yang ada di masing- masing pelabuhan. Diantaranya ialah penyiapan berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan hingga kesehatan bagi pemudik baik yang tiba maupun berangkat dari setiap terminal penumpang.

Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Malam Ini

Sejumlah fasilitas tersebut diantaranya adalah ruang tunggu bagi calon penumpang, Posko Mudik Lebaran, ruang laktasi, penambahan counter check-in hingga penambahan petugas jaga dan CCTV guna memastikan keamanan bagi calon pemudik.

Karlinda Sari Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3 dalam keterangannya, Minggu 31 Maret 2024, menyampaikan sedikitnya ada 20 terminal penumpang yang disiapkan untuk menyambut arus mudik lebaran 2024 ini.

Tips Merawat Mobil yang Lama Tidak Terpakai usai Ditinggal Mudik

Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan agar arus mudik lebaran 2024 khususnya melalui jalur laut bisa berjalan lancar.

Adapun sejumlah Pelabuhan utama seperti Tanjung Perak, Kumai, Batulicin, Sampit, Tenau Kupang hingga Tanjung Emas Semarang di prediksi akan mengalami lonjakan penumpang yang signifikan dibanding hari biasanya.

Halaman Selanjutnya
img_title