Survei ARCI Pilkada Jember 2024: Elektabilitas Gus Fawait Ungguli Petahana

Direktur ARCI Baihaki Sirajt
Sumber :
  • VIVA Jatim/A Toriq A

Surabaya, VIVA Jatim – Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbaru Pilkada Jember 2024. Hasilnya, elektabilitas Muhammad Fawait mengalahkan petahana Hendy Siswanto dan dokter Faida.

Elektabilitas Gus Fawait Memuncak Kalahkan Petahana

Direktur ARCI Baihaki Sirajt mengatakan, elektabilitas Gus Fawait, Hendy Siswanto dan Faida, mengalami tren kenaikan. Ketiganya saling berkejaran.

"Pada Agustus 2023 Hendy Siswanto sempat mengungguli Fawait, tetapi pada Januari 2024-April 2024 ini elektabilitas Fawait mengalami kenaikan sangat signifikan terutama dari pemilih perempuan yang sangat mendongrak," kata Baihaki, Rabu 1 Mei 2024.

Masuk Bursa Pilgub 2024 Penantang Khofifah, Kiai Marzuki Mustamar: Kami Hidup Mati di Jatim

Sedangkan untuk calon wakil bupati, lanjut Baihaki, pemilih masih didominasi Gus Firjaun dan KH Muqid. Trah kiai masih menjadi keyakinan masyarakat Jember bisa memimpin dengan baik.

"Harapan masyarakat Jember menginginkan bupati dan wakil bupati nanti lebih peduli pada masyarakat. Masyarakat juga menginginkan pemimpin Jember nanti bersih dari korupsi serta religius," ujarnya.

Menimbang Duet Khofifah-Kharisma bila Emil Dardak Tak Maju Pilgub Jatim

Diketahui, ARCI melakukan survei menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1000 responden dengan margin of error kurang lebih 3% pada tingkat kepercayaan 95%.

Metode pengumpulan data adalah responden terpilih diwawancara secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner oleh pewawancara yang telah dilatih.