PSI Lirik Bayu Menantu Pakde Karwo Jadi Penantang Eri Cahyadi di Pilwali Surabaya

Ketua DPD Pro Jokowi (Projo) Jatim Bayu Airlangga.
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimPartai Solidaritas Indonesia (PSI) tak mau jadi penonton saja di momen Pemilihan Wali Kota (pilwali) Surabaya. Karena itu, partai yang kini dipimpin oleh Kaesang Pangarep itu membuka peluang untuk turut mengusung bakal calon. Nama menantu Soekarwo atau Pakde Karwo, Bayu Airlangga, dilirik.

Daftar Calon yang Pasti Diusung PKB pada Pilkada di Jatim, untuk Pilgub?

Ketua Dewan Pembina PSI Jawa Timur Teguh Cahyadin atau Gus Din menyampaikan, Pilwali Surabaya sampai saat ini masih dinamis. Karena itu, PSI siap berkoalisi dengan partai manapun di momen Pilwali Surabaya 2024. Termasuk berkoalisi dengan poros baru yang memasang jagoan penantang pasangan petahan, Eri Cahyadi-Armuji.

"Kita lihat kan Eri Cahyadi saat ini ramai ya gandeng lagi dengan Armuji, berarti merah-merah. Kita lihat konfigurasi di pusat juga, jika memang partai-partai di KIM semacam Golkar atau Gerindra membuat poros baru di Surabaya tentu kita buka peluang di poros baru itu," katanya kepada wartawan di Surabaya pada Kamis, 9 Mei 2024.

Demokrat Surabaya Hanya Usulkan Eri-Armuji di Pilwali 2024

Dengan modal 5 kursi di DPRD Surabaya, PSI kata Gus Din punya modal untuk menargetkan kader maju di posisi bakal calon wakil wali (cawawali) Kota Surabaya. Karena itu PSI siap berkoalisi dengan partai yang notabene tergabung dalam KIM, seperti Golkar dan Gerindra.

Sejauh ini, Golkar telah menggaungkan nama kadernya, Bayu Airlangga, untuk dimajukan sebagai bakal calon wali (cawali) Kota Surabaya. Cuma, Golkar juga tak bisa sendiri karena hanya memiliki 5 kursi di DPRD Surabaya. Partai Beringin harus menggandeng partai lain untuk bisa mengusung calon.

30 Ribu Orang bakal Hadiri Pengajian Gus Iqdam di Surabaya, 1.970 Aparat Disiagakan

Menurut Gus Din, PSI memandang Bayu adalah figur potensial untuk menjadi penantang Eri Cahyadi. “Kebetulan Bayu juga Golkar dan Ketua Projo Jatim, tentu kami buka opsi-opsi itu. Apalagi akan sangat kuat jika parpol KIM bersama. Apalagi Golkar sudah memberi sinyal mendorong Bayu Airlangga maju di Pilwali Surabaya,” tandasnya.

Gus Din melihat sosok Bayu merupakan figur yang merakyat dan mau turun ke bawah. Gaya Bayu disebutnya mirip dengan Soekarwo atau Pakde Karwo yang notabene merupakan mertua Bayu.

Halaman Selanjutnya
img_title