Polisi Ungkap Motif Penimbunan 12 Ribu Liter Solar di Tulungagung

Dua pelaku penimbunan BBM Subsidi sebanyak 12 ribu liter
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Kepolisian Resort Tulungagung berhasil membongkar penimbunan solar sebanyak 12 ribu liter. Pelaku menimbun ribuan solar subsidi tersebut dijual dengan harga non-subsidi yang akan memasok ke wilayah Tulungagung.

Antusiasme Warga Tulungagung Tukarkan Uang Pecahan untuk Lebaran 

Kapolres Tulungagung, Ajun Komisaris Besar Polisi Eko Hartanto SIK MSI mengungkapkan berhasil mengamankan  MJ selaku sopir dan PY pemilik gudang dari Simogirang Prambon Kabupaten Sidoarjo.

Penangkapan berawal dari laporan warga. Ada truk tangki warna biru AE868OB yang mengangkut solar tepat pa 22 November 2022 lalu, di Jalan Raya Ngantru masuk Desa Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung. Polres Tulungagung langsung menindaklanjuti dengan mengerahkan timsus guna melakukan pengecekan.

Rumah Penampungan BBM Ilegal di Tuban Hangus Terbakar, Kerugian Capai Rp 19 Juta

Truk tangki biru bertuliskan PT Dina Raya Internusa itu berisi solar yang diambil dari gudang di Mojo Kediri. Atas keterangan sopir, kepolisian melakukan pengecekan ke gudang. Ada penjaga gudang, dan membenarkan bahwa tempat tersebut untuk menampung solar subsidi yang dijual kembali dengan menggunakan truk tangki.

"Kita juga mengamankan barang bukti yang ada di lokasidibawa ke Polres Tulungagung ada 12000 liter solar," ungkap AKBP Eko Hartanto dalam konferensi pers, Rabu 30 November 2022. 

Satpol PP dan Tim Gabungan Temukan Miras saat Sidak Karaoke di Tulungagung

Menurut AKBP Eko, petugas kepolisian dalam melakukan penyelidikan penyalagunaan BBM sangat berhati-hati. Dengan cara mendatangkan saksi ahli, baru tanggal 26 November 2022 bisa melakukan gelar perkara dan melengkapi seluruh alat bukti.

Perihal motif pelaku, cara yang dilakukan dengan mengetap solar dari beberapa orang. Total ada 4 orang bertugas silih berganti untuk mengisi solar di masing-masing SPBU, kemudian dijadikan satu dalam gudang yang berada di Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri.

Halaman Selanjutnya
img_title