Labuh Laut Pantai Joketro Trenggalek: Lestarikan Warisan Leluhur hingga Ekonomi Biru

Suasana Labuh Laut Pantai Jokerto Trenggalek.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Trenggalek, VIVA JatimAcara tahunan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat nelayan Pantai Jokerto Desa Nglebeng, Kecamatan Panggul Trenggalek, menggelar Labuh Laut. Labuh laut tersebut sebagai upaya melestarikan acara leluhur.

Nelayan Tuban Hilang saat Melaut, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian

Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhammad Natanegara mengatakan bahwa upaya masyarakat melestarikan budaya warisan leluhur. Sehingga memiliki pembelajaran mendalam yakni mensyukuri nikmat dengan cara menjaga dan merawat. 

"Sedekah Labuh Laut Pantai Joketro, Desa Nglebeng, Kecamatan Panggul, ini dalam artian memberi kepada sesamanya," ulas Syah Muhammad Natanegara, Kamis, 11 Juli 2024.

Ratusan Warga Pule Trenggalek Menyoal Jalan Rusak, Wabub Syah: Kita Anggarkan Rp 9 Miliar

Mas Syah, sapaan akrabnya ini menjelaskan kegiatan ini juga mengharapkan keberkahan dan manfaat. Termasuk sebagai upaya dari kita semua bersama-sama untuk menjaga alam

Pasalnya, dengan cara menjaga alam, atau pantai secara tidak langsung ke depan membawa manfaat yang baik untuk diri sendiri dan orang banyak.

Program Jumat Curhat, Polres Gresik Dicurhati Lampu Jalan hingga Pencurian Ikan di Laut

"Dalam arti kita menjaga kebersihan pantai membawa banyak dampak ekonomi. Perputaran ekonomi melalui Pariwisata bisa berjalan lebih baik, hasil alam juga akan baik serta hasil alam akan melimpah," ulasnya.

Mas Syah menambahkan ini juga sejalan dengan cita-cita Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Yaitu menjadikan Net Zero Karbon sebagai RPJP Kabupaten Trenggalek 2025-2025. Salah satu dalam RPJP ekonomi terbarukan adalah ekonomi biru sebagai salah satu kekuatan ekonomi mendatang. 

Halaman Selanjutnya
img_title