Gedung SDN Sidonganti Tuban Terbakar, Sejumlah Fasilitas Belajar Hangus

Ilustrasi kebakaran
Sumber :
  • Istimewa

Tuban, VIVA JatimKebakaran hebat menghanguskan bangunan SDN Sidonganti 2, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jumat, 12 Juli 2024. Kebakaran terjadi diduga akibat adanya hubungan arus pendek listrik.

Diduga Akibat Bakar Sampah, Pabrik Plastik di Gresik Terbakar

Akibat kebakaran tersebut mengakibatkan kerugian hingga ratusan juta. Beruntung tidak ada korban jiwa karena saat kejadian para siswa sedang libur panjang. 

Kepala Bidang (Kabid) Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban Sutaji mengatakan, kebakaran tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 11.00. Api kemudian dengan begitu cepat menghanguskan dua bangunan ruang kelas.

Ruko Laundry di Mojokerto Hangus Terbakar, Diduga Gegara Pemilik Lupa Matikan Kompor

"Untuk penyebab kebakaran, berdasarkan penyelidikan awal, api berasal dari korsleting listrik yang terjadi di salah satu ruang kelas yang terbakar," kata Sutaji.

Untuk memadamkan api, petugas damkar mengerahkan dua unit mobil damkar ke lokasi kejadian. Pemadam itu juga melibatkan berbagai pihak, termasuk kepolisian dan masyarakat sekitar lokasi kejadian.

Rumah di Mojokerto Ludes Terbakar, Satu Orang Terluka

Adapun fasilitas sekolah yang terbakar yakni, dua ruang kelas yang berada di barat gedung, meja kursi sebanyak 56 set, empat lemari, dua kipas angin, serta berbagai alat peraga belajar siswa yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar setiap harinya.

"Untuk kerugian kita taksir mencapai sekitar Rp 100 juta dan kami juga berhasil menyelamatkan aset yang nilainya kurang lebih Rp 250 juta. Sedangkan kerugian ini mencakup kerusakan pada bangunan sekolah serta barang-barang lainnya," pungkasnya.