Bila Gagal di PPDB Negeri, Eri Cahyadi Arahkan Orang Tua Siswa ke Sekolah Swasta

Wali Kota Eri Cahyadi saat MPLS SD di Surabaya.
Sumber :
  • Humas Pemkot Surabaya

Surabaya, VIVA Jatim – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD dan SMP negeri di Kota Surabaya sudah ditutup. Para orang tua yang gagal memasukkan anaknya ke sekolah negeri melalui PPDB diminta Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi untuk mendaftar ke sekolah swasta.

Pemkot Surabaya Siapkan Area Indoor Berskala Dunia di Hitech Mall

Pada Sabtu, 20 Juni 2024, Eri sudah melihat paparan jumlah kelulusan siswa SD dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya. Setelah diketahui jumlahnya, kemudian akan disandingkan dengan data siswa yang diterima di sekolah SMP Negeri.

“Nah, kalau ada selisihnya, saya minta mencari di mana anak-anak yang lulus tadi. Apakah mungkin dia sekolah di pondok atau di luar negeri, itu kita lihat. Kalau ternyata ada sisanya, jangan sampai arek Suroboyo sing gak iso sekolah (jangan sampai ada anak Surabaya yang tidak sekolah),” kata Eri dalam keterangannya, Selasa, 16 Juli 2024. 

Nelayan Tuban Hilang saat Melaut, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian

Karena sekolah negeri sudah tutup, maka data anak-anak yang diketahui belum mendapatkan sekolah akan diarahkan ke sekolah swasta. Dengan catatan, harap Eri, sekolah swasta yang dipilih kualitasnya yang bagus. “Karena Kalau dipaksakan masuk swasta yang itu (tidak bagus) ya nggak mau muridnya,” ujarnya.

Politikus PDIP itu tak ingin jika di Surabaya ada sekolah swasta yang kualitasnya tidak baik hingga menyebabkan sepi peminat. “Karena itu ada yang membangun sekolah, tapi tidak mau menjaga (kualitas) sekolahnya,” tambah Eri.

Polda Jatim Kumpulkan Ratusan Kantong Darah saat Bakkes Harlantas ke-69 di Surabaya

Selain mencocokkan data siswa, Eri juga berencana menggelar pertemuan dengan orang tua siswa, baik itu dari sekolah negeri maupun swasta se-Surabaya. Di kesempatan itu, ia ingin, menyampaikan kepada orang tua pentingnya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa.

“Akan saya kumpulkan nanti ada yang lewat zoom, ada juga yang secara langsung. Saya ingin menitipkan (kepada orang tua) bahwa pengenalan sekolah itu tidak hanya pelajaran saja, tetapi juga mengenal lingkungan sekolahnya,” pungkasnya.