Berkat Revitalisasi, 25 hektar Sawah - Tambak di Desa Pandu Gresik Tersalur Air

Revitalisasi saluran air di Desa Pandu Cerme Gresik
Sumber :
  • Viva Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA Jatim – Untuk meningkatkan produktivitas pertanian, berbagai upaya terus dilakukan Kepala Desa (Kades) Pandu, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik. Satu diantaranya dengan melakukan revitalisasi saluran air yang telah ada sejak 1990. 

Bawaslu Trenggalek: Ratusan Kades Tak Langgar Netralitas soal Desak Mas Ipin Daftar Pilbup

Kades Pandu Agus Winarno mengatakan untuk memastikan pembangunan sesuai spesifikasi, terus melakukan pengawasan hingga pekerjaan selesai dilakukan.

Pembangunan jaringan irigasi ini dilakukan secara bertahap. Tahun lalu telah dibangun 60 meter. Dan tahun ini dilanjutkan pembangunan dengan panjang 80 meter.

Tak Lagi Jawa Sentris, Pertumbuhan Pasar Properti Merata di Indonesia

"Alhamdulillah pembangunan untuk tahun ini telah selesai dilakukan. Total saluran irigasi ini sepanjang 900 meter. Secara bertahap akan kami selesaikan," ucapnya, Rabu, 17 Juli 2024.

Menurutnya jika nanti pembangunan saluran irigasi selesai semuanya, pihaknya berharap bisa meningkatkan ketersediaan air untuk 25 hektar areal persawahan dan tambak.

Ground Breaking UKHAC, Pj Gubernur Adhy: Mengharap Banyak Lahirkan Generasi Berkualitas

"Memang saluran irigasi ini sudah ada sejak lama. Dan kondisinya sangat dangkal. Makanya kami revitalisasi agar ketersediaan air bisa meningkat," terang Agus Winarno.

Selama proses pembangunan hingga selesai pihaknya terus melakukan pengawasan. Ini dilakukan agar pembangunan sesuai spesifikasi.

Halaman Selanjutnya
img_title