Ketum Addin soal Konferwil Ansor Jatim: Mufakat Aklamasi!

Ketua Umum PP GP Ansor, Addin Jauharuddin
Sumber :
  • VIVA Jatim/Madchan Jazuli

Tulungagung, VIVA Jatim - Konferensi Wilayah (Konferwil) Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur batal digelar pada 28 Juli 2024 di Pondok Pesantren Tambakberas Jombang. Ketua Umum PP GP Ansor, Addin Jauharuddin memberikan isyarat untuk Konferwil Ansor Jatim berjalan secara musyawarah mufakat atau aklamasi. 

Kampanye di Lingkungan Kampus, PMII Jatim Siap Fasilitasi Ciptakan Demokrasi Cerdas

Ia mengaku Konferwil Ansor Jatim ini memang sedang menghangat karena batal digelar. Namun menurutnya inti dari Konferwil adalah sebuah proses regenerasi. Supaya estafet keberlanjutan pemimpin sebelumnya bisa dilanjutkan untuk pemimpin kedepan dengan cara mufakat.

"(Berarti aklamasi?) Kira-kira arahnya begitulah. Proses musyawarah mufakat hal ini lebih diutamakan," ujar Addin Jauharuddin di Crown Victoria Hotel Tulungagung, Senin, 29 Juli 2024.

Grand Syekh Al-Azhar Beri Hadiah GP Ansor Pusat Studi Abu Hasan Al-Asy'ari Cabang Indonesia

Addin menjelaskan tradisi di Ansor adalah tradisinya musyawarah mufakat. Ia beralasan karena demokrasi itu hanya salah satu cara, bukan sebuah kepastian. Artinya model demokrasi bisa beragam tidak harus melalui pemilihan.

"Hal ini dalam memang kita berharap Jatim ini konferwil nya dilaksanakan dengan musyawarah. Kedepan saya harap pihak-pihak yang sedang bertarung (kontestasi) melakukan musyawarah terlebih dahulu sebelum konferwil," pintanya.

Di Hadapan Pendemo, Anggota DPRD Jatim Desak KPU Revisi PKPU sesuai Putusan MK

Ketua Umum PB PMII masa khidmat 2011-2013 ini mengatakan dengan terlebih dahulu melakukan musyawarah sehingga nanti berujung bisa disatukan.

Ditanya perihal idealnya Ansor Jatim, Addin mengatakan Jatim menjadi barometer. Karena selain lahirnya Ansor, basis NU ada di Jatim. Maka harapan-harapan dari PP GP Ansor di Jatim menjadi role model. 

Halaman Selanjutnya
img_title