Tulungagung City of Charm di KUKM Expo 2024 Surabaya

Joko Irianto
Sumber :
  • Viva Jatim/M Dofir

Surabaya, VIVA JatimPameran produk unggulan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) berlangsung di Grand City Mall, Surabaya, Kamis, 31 Juli hingga 4 Agustus 2024. Dalam event ini, Tulungagung didapuk sebagai City of Charm karena kabupaten di selatan Provinsi Jawa Timur itu menyimpan potensi ekonomi yang cukup besar. Mulai dari wisata, pertanian, hasil hutan hingga kerajinan marmer.

250 Peserta dari 10 Negara Ramaikan Pameran IIFEX 2024 di Surabaya

"Di [Tulungagung] sana ada pantai sangat indah, apalagi sudah dibangun Jalan Lintas Selatan [JLS]. Nah dari foto-foto tadi bapak ibu bisa berkunjung menikmati keindahan alam, juga di sana potensi pertaniannya, durian, hutan-hutannya sangat menarik sekali," papar Joko Irianto selaku Pelaksana Tugas Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Jawa Timur usai membuka acara.

Ia menyebut, keindahan Gunung Wilis yang ada di kabupaten berjuluk Bumi Gayatri ini juga tak kalah memesona dengan Gunung Bromo.

Ini Jadwal Pameran EastFood Indonesia 2024 di Surabaya

Joko melanjutkan, ketimpangan ekonomi yang terjadi di sisi utara dan selatan Provinsi Jawa Timur sangat terasa sebelum adanya akses jalan tol maupun JLS. Namun setelah infrastruktur secara masif dibangun di wilayah ini, pertumbuhan ekonomi meningkat pesat.

Bukan hanya di Tulungagung serta wilayah pesisir selatan saja yang merasakan dampak positif dari pembangunan infrastruktur. Beberapa daerah mataraman dikatakannya, juga turut terimbas.

Dibuka Hari Ini, IIMS Surabaya 2024 Targetkan Transaksi Rp 240 Miliar

"Sehingga dengan pembangunan ini akan menyebarkan pertumbuhan ekonomi antara utara dan selatan. Demikian juga di Tulungagung dan Blitar, dengan pembangunan JLS ekonomi meningkat," tandasnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Tulungagung Heru Suseno menambahkan, keikutsertaannya dalam KUKM Expo 2024 di Surabaya sebagai City of Charm ini, menjadi kesempatan mempromosikan berbagai potensi yang ada di Kota Cethe.

Halaman Selanjutnya
img_title